Edo Rusyanto's Traffic

anak diri di motor

INDONESIA disebut-sebut mendapat bonus demografi pada 2035. Negara kita kebanjiran usia produktif. Usia yang menentukan maju mundurnya kehidupan suatu bangsa, yakni rentang 15-65 tahun. Pada tahun itu komposisi usia produktif mencapai 47,5% dari total jumlah penduduk yang ditaksir menyentuh 305,6 juta jiwa.

Limpahan kelompok usia ini kuncinya ada pada kualitas sang sumber daya manusia (SDM). Namun, adakah ancaman serius terhadap generasi penerus tersebut?

Di tengah Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli 2014 yang mengambil tema ‘Aku Anak Indonesia’, kita disodori fakta tragisnya nasib anak-anak kita di jalan raya. Tulisan ini tak mengulas tentang nasib anak jalanan yang juga memprihatinkan. Saya ingin lebih masuk pada sisi kelam lain di jalan raya kita.

Sebagai bahan perenungan, data-data berikut ini barangkali bisa menjadi aspek pencerahan untuk memproteksi anak-anak kita. Menjaga tunas-tunas muda agar terus bertumbuh, tidak layu sebelum berkembang dihajar kecelakaan lalu lintas jalan.

Di Jakarta dan sekitarnya, catatan keterlibatan…

Lihat pos aslinya 392 kata lagi

Iklan