yup

Edo Rusyanto's Traffic

lubang di jalan jakarta 2014

SUATU ketika saya berbincang dengan akademisi yang cukup kuat penelitiannya tentang kecelakaan lalu lintas jalan di Indonesia. Perbincangan di Bandung, Jawa Barat itu mengerucut pada kondisi jalan di Indonesia yang memicu kecelakaan. Dia bilang, faktor jalan yang langsung dan tidak langsung memicu kecelakaan cukup besar di Indonesia. Apa itu faktor langsung dan tidak langsung?

Ya. Pertanyaan itu saya lontarkan kepada akademisi asal perguruan tinggi ternama di Indonesia tersebut. Dia menjelaskan. Faktor jalan yang langsung adalah kecelakaan yang terjadi karena dipicu oleh kondisi jalan seperti rusak, bergelombang, atau berlubang. Artinya, jalan yang rusak seperti itu membuat pengendara terperosok dan celaka. Bisa saja kecelakaan tunggal, tapi juga bisa memicu tabrakan depan-depan atau jenis lainnya.

Nah, kalau yang tidak langsung, kata dia, misalnya, pengemudi sedang melaju tiba-tiba ada jalan yang berlubang lalu pengendara menghindar dan tertabrak. “Jadi, kalau digabung yang langsung dan tidak langsung bisa lebih dari 10%,” ujar dia suatu pagi pada…

Lihat pos aslinya 406 kata lagi