IMG_1639

Salam wildlife!Perjalanan turing kali ini itung-itung mengisi libur lebaran yang kebetulan tahun 2014 panjang cuti bersamanya. Pada awalnya banyak destinasi yang ingin dijelajah semisal pantai-pantai di selatan kab trenggalek, pacitan, tulungagung, air terjun di kab nganjuk, bondowoso bahkan malah ingin menikmati indahnya blue fire di ijen crater. Tapi berhubung nyonya liburnya pendek ya sudah sekalian mampir rumah nyonya di Jombang sajalah..

Berangkat malam hari dari Sidoarjo sampe Jombang istirahat kemudian paginya berangkat..Yup destinasi sebelumnya sudah kami putuskan mampir ke air terjun baru di sekitar kab Nganjuk tapi kok saat itu waktu rasanya masih panjang dan kenapa gk nyoba yang perjalanannya agak seruan dikit..Munculah ide bagaimana kalau saat itu kita ke pantai-pantai di daerah Tulungagung saja?oke wess..

Perjalanan dari Jombang jam 7 pagi-sampai Tulungagung jam 9 pagi mampir istirahat dulu di Indomaret sambil hunting pantai akhirnya pada saat itu juga kami putuskan ke pantai Molang saja karena memang tracknya yang bisa langsung dicapai kendaraan bermotor tanpa harus berjalan kaki beberapa kilo..

Akhirnya dari kota Tulunggagung kami langsung tancap gas menuju pucanglaban tapi kami lewat arah kademangan sekalian hunting track karena memang kami awam daerah sini tapi sebenarnya kalau dari Tulungagung lebih cepat bisa lewat Ngunut belok kanan kalau dari arah Tulungagung arah pucanglaban. Setelah sampai Kademangan Begini rutenya :

  • Berpatokan dari jembatan Kademangan, perjalanan dapat diarahkan melalui rute Blitar-Wonotirto
  • Berbeloklah ke kanan setelah menjumpai perempatan kantorKecamatan Kademangan.
  • Berbeloklah ke kanan lagi setelah menjumpai pertigaan puskesmas pembantu Maron.
  • Berbeloklah ke kanan lagi setelah menjumpai pertigaan yang ditengahnya terdapat miniatur candi di Desa Panggungduwet.
  • Setelah memasuki pertigaan Pasar Puser berbeloklah kekiri dan susuri jalanan hingga ke Desa Pucanglaban.
  • Pantai Molang tinggal 7,5 km lagi dari gapura Desa Pucanglaban.
  • Lokasi dapat dijangkau dengan sepeda motor maupun mobil.
  • Koordinat: 8°18’49″S   112°1’41″E

Picture2

Muter-muter, sempat kesasar, tanya-tanya akhirnya sampai juga sekitar jam 11 dari Tulungagung berarti perjalanan 2 jam dari jam 9 itupun kami memutar lewat Blitar..hihi..Jalannya baguskok kalau ada makadam tapi bagus ya tempat ini. Perjalanan mendekati pantaipun kita akan disuguhi pemandangan indah tambak udang dari atas bukit..niatnya sih pingin masuk foto-foto di tambak tapi karena waktunya terbatas ya sudah kami langsung menuju pantai saja.

Soal jalannya sebenarnya cukup untuk dilewati roda empat tapi ya gitu harus hati-hati ada kombinasi jalan yang berlumpur untuk macam mobil keluarga macam ertiga, avanza, mobilio gitu ya kudu ahli-ahli saja nyetirnya sampai di ujung jalan setelah melewati pintu masuk tambak udang nanti ada pertigaan pilih kiri jalannya yang agak besar arah pantai molang kalau ke kanan itu arah pantai lumbung bagus juga pantainya.

Perjalananpun kami teruskan sampai di pantai wuih semakin menabjubkan saja pemandangannya melewati bukit-bukit yang dari atas kita bisa liat pesisir pantainya memangkok pesisir selatan pulau jawa ini dipenuhi pantai-pantai surga yang tak ada habisnya keindahaanya. Saat sampai dipantaipun hanya ada segelintir pengunjung sehingga pantai ini tampak sedikit private padahal waktu itu hari libur coba kalau hari biasa mungkin malah kita akan benar-benar sendirian di pantai selain mereka yang hanya pekerja tambak udang.

Pertama kali datang ke pantai ini adalah menganalisa tipe pantai molang ini berikut landscapenya kalau dari wikimapia

Picture1

Hmm pantai ini memang terbagi dua sisi dipisahkan oleh kali pembuangan dari tambak udang memiliki pemecah ombak di sekitar garis pantainya jadi ya kalau berenang atau nek jare wong jowo nek kape celup-celup teles ati-ati yo soalnya banyak karangnya. Kalau pingin tahu mungkin bisa mampir kesini http://ihahibban.blogspot.com/2012/09/info-tulungagung-misteri-pantai-molang.html

Setelah itu ya kami mendokumentasikan foto duoang sebelum semakin sore sekitar jam setengah 2 siang  kami balik dari pantai ini menuju Jombang rutenya Pucanglaban-Kademangan-Blitar-Wates-Pare-Jombang sampai di Jombang sekitar jam setengah 4 istirahat dulu baru setelah magrib kembali ke Surabaya. Oh iya untuk tarif masuk ke pantai Molang ini gratis lo, apalagi pantai Lumbung dan Kelinci..Okay see you next story THANks..

Berikut Dokumentasinya :

IMG_1653

IMG_1668

IMG_1676

IMG_1695

IMG_1739

IMG_1777

IMG_1807

IMG_1842

IMG_1846

Pantai Lumbung

Pantai Lumbung

Pantai Pacar

Pantai Pacar

IMG_1875

 

 

IMG_1882

IMG_1886

 

Eh ini ada videonya :

Iklan