Edo Rusyanto's Traffic

motor dan kopaja jakarta

SEORANG rekan bercerita bahwa sepeda motor memangkas waktu tempuhnya. Maksud dia, dengan menunggang sepeda motor dia butuh sekitar satu jam untuk berangkat kerja ke kantor. Sedangkan dengan menggunakan mobil pribadi sekitar 2,5 jam. Jarak kantor dengan rumahnya sekitar 38 kilometer.

“Sepeda motor memangkas waktu tempuh. Tapi, risikonya cukup tinggi,” sergah pria yang tinggal di pinggiran Jakarta itu suatu senja saat berbincang dengan saya.

Problem transportasi seperti diutarakan Budiantho, sebut saja begitu, cukup banyak dialami masyarakat yang beraktifitas di Jakarta. Mereka yang tinggal di kota satelit Jakarta, seperti di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi lalu bekerja di Jakarta, pasti banyak yang mengalami rutinitas seperti Budhianto.

Problem di atas terjadi seiring pertumbuhan Jakarta dan kota-kota di sekitarnya. Doktor Bambang Susantono menyebutkan, populasi penduduk Jabodetabek bertumbuh pesat. Pada 1970, kawasan itu berpenduduk 8,4 juta jiwa, membengkak menjadi 28 jutaan jiwa pada 2010. Bahkan, koran Investor Daily yang terbit di Jakarta pada edisi 2…

Lihat pos aslinya 461 kata lagi