Edo Rusyanto's Traffic

pesan laka keadaban kita

BANYAK diantara kita pernah melakukan kesalahan. Entah kesalahan yang disegaja maupun yang tidak disengaja. Hal yang membedakan tinggal masalah volume, bobot, dan jenis kesalahannya. Wajar, manusia tempatnya salah. Kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa.

Saya termasuk yang pernah melakukan kesalahan, tentu termasuk saat berlalu lintas jalan. Misalnya, pada suatu ketika di perempatan yang jarang dilewati lampu pengaturnya berwarna hijau, langsung saja ancang-ancang belok kanan. Tapi….ternyata ada lampu penunjuk ke arah kanan yang ternyata berwarna merah. Opppsss…berhenti sejadi-jadinya. Sayangnya, posisi sudah melewati garis setop.

Apa pun alasannya, kejadian itu adalah kesalahan. Saya mencoba tobat. Tak akan mengulangi kesalahan seperti itu. Kata pepatah, hanya keledai yang melakukan kesalahan dua kali pada kasus yang sama.

Ya. Semua manusia pernah melakukan kesalahan. Tinggal persoalannya adalah maukah mengubah kekeliruan yang terjadi? Akankah justru melestarikan kesalahan tersebut?

Eloknya, kita mau belajar dari kesalahan yang ada. Kesalahan memberikan pelajaran amat berharga bagi kita semua untuk ke depannya…

Lihat pos aslinya 142 kata lagi