uno fact

Edo Rusyanto's Traffic

kendaraan bermotor 1987 2012 bps

SEPEDA motor menjadi perhatian publik lantaran si roda dua ini jumlahnya terus membubung. Lihat saja di sekitar kita. Satu rumah tangga bisa memiliki sepeda motor lebih dari satu unit. Tak aneh jika di jalan raya, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta, jumlah si kuda besi lebih banyak ketimbang jenis kendaraan bermotor lainnya.

Di Jakarta dan sekitarnya, jumlah keluarga yang memiliki sepeda motor lebih dari satu jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan di seluruh Indonesia kondisinya tak jauh berbeda. Motor menjadi alat transportasi utama. (Lihat Fakta Kedua)

Sementara itu, mari kita bandingkan populasi sepeda motor dengan jumlah populasi penduduk Indonesia. Pada 1990, saat penduduk Indonesia sekitar 173 juta jiwa, populasi sepeda motor kita sekitar 6 juta unit. Artinya, satu sepeda motor melayani sekitar 29 penduduk.

Nah, 10 tahun kemudian, yakni pada 2010, jumlah penduduk Indonesia bertambah menjadi sekitar 206 juta jiwa. Pada saat yang sama, sepeda motor melonjak menjadi…

Lihat pos aslinya 86 kata lagi