Edo Rusyanto's Traffic

laka ngantuk tvone1

KADANG saya mendapat pertanyaan, kapan jam paling rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan di Indonesia? Untuk mencaritahu, saya coba bongkar-bongkar arsip data yang ada di personal computer maupun laptop. Akhirnya ketemu juga data dari Korlantas Mabes Polri.

Area waktu terjadinya kecelakaan dibagi dalam empat kelompok. Kelompok jam-jam paling rawan ternyata ada pada rentang pukul 12.00 hingga 18.00. Rentang waktu tengah hari hingga petang memasuki mala mini menempati posisi teratas dengan kontribusi sebanyak 31,74% pada 2013. Pada jam-jam ini rata-rata terjadi 87 kasus kecelakaan pada tahun lalu.

Lantas, kenapa pada jam-jam tersebut amat rawan terjadinya kecelakaan? Mari kita tengok sekitar kita. Di kota-kota besar, khususnya di Jakarta, pada rentang waktu ini banyak orang wira-wiri berlalu lintas jalan. Repotnya, menjelang pukul 18.00 jalan raya tumpah ruah oleh kendaraan bermotor yang membawa penumpangnya kembali ke tempat tinggal setelah beraktifitas seharian. Boleh jadi, ada ketergesa-gesaan, rasa lelah, atau berkurangnya konsentrasi.

Area waktu kedua terbesar…

Lihat pos aslinya 235 kata lagi