Edo Rusyanto's Traffic

upaya pemerintah turunkan kecelakaan

NEGARA harus hadir untuk melindungi warganya di jalan raya. Kewajiban negara atau pemerintah tak semata menyediakan perangkat regulasi untuk menjamin keselamatan para pengguna jalan. Langkah nyata melalui organ-organ pemerintah justru menjadi lebih vital selain segudang regulasi yang ada.

Lewat segala instrumennya, pemerintah mutlak berkewajiban menjamin keselamatan para pengguna jalan sebagai amanat Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Instrument atau perpanjangan tangan pemerintah cukup lengkap. Di lini infrastruktur ada kementerian pekerjaan umum dan dinas pekerjaan umum. Di lini transportasi publik ada kementerian perhubungan dan dinas perhubungan. Hingga di lini penegakan hukum ada jajaran kepolisian. Tinggal bagaimana pemimpin pemerintahan tertinggi memadukan instrumen yang ada menjadi sebuah gerakan yang tepat sasaran. Bukan asal-asalan, misalnya, sekadar menghabiskan anggaran.

Indonesia punya target menurunkan fatalitas kecelakaan hingga 50% sepanjang 2010-2020. Artinya, pada 2020 korban tewas akibat kecelakaan di jalan bakal menjadi sekitar 43 jiwa per hari. Beragam jurus…

Lihat pos aslinya 321 kata lagi