Edo Rusyanto's Traffic

malaysia bikers

SAAT ini ada getaran kebijakan panik dalam menangani membanjirnya sepeda motor di Jakarta. Hal itu yang terasa saat mencuat soal pelarangan sepeda motor melintas di jalur protokol, khususnya di ruas Jl MH Thamrin-Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Ngomong-ngomong soal penanganan sepeda motor bila dikaitkan dengan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas jalan, mestinya kita bisa belajar dari negara-negara lain. Ada sejumlah pengalaman menarik ketika saya membaca buku besutan doktor ahli transportasi Bambang Susantono yang berjudul “Revolusi Transportasi”. Buku setebal 334 halaman yang diterbitkan Gramedia pada 2014 itu menyelipkan pembahasan soal sepeda motor di bab dua, persisnya di halaman 57-68.

Nah, beberapa hal penting yang bisa saya kutip berikut ini barangkali bisa memperkaya sudut pandang kita soal penanganan sepeda motor di Tanah Air.

Tulisan saya bagi dua, pertama, terangkum dalam artikel “Mengintip Penanganan Motor di Malaysia dan Australia.” Dan, kedua tertuang di dalam artikel “Jurus Beijing dan Vietnam Menekuk Motor.”

Belajar…

Lihat pos aslinya 213 kata lagi