Edo Rusyanto's Traffic

Operasi Zebra-tno5

PENGGUNAAN teknologi informasi dan elektronik dalam penegakkan hukum di jalan raya (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) masih menghadapi lika liku. Entah kapan akan diterapkan di Indonesia. Padahal, Indonesia sudah punya dua payung hukum untuk memanfaatkan teknologi mutakhir untuk mewujudkan lalu lintas jalan yang aman, nyaman, dan selamat.

Payung itu mencakup Undang Undang (UU) UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam ayat 1 pasal 5 UU ITE disebutkan bahwa info elektronik dan atau dokumentasi elektronik dan atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang syah. Lalu, pada ayat 2 dinyatakan bahwa info elektronik dan atau dokumentasi elektronik dan atau hasil cetaknya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan perluasan dari alat bukti yang syah sesuai dengan hukum acara yang berlaku di Indonesia.

Sementara itu, UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam ayat 1 pasal 272 UU tersebut ditegaskan bahwa untuk mendukung kegiatan…

Lihat pos aslinya 877 kata lagi

Iklan