Edo Rusyanto's Traffic

sim keliling_resize

SURAT Izin Mengemudi atau SIM merupakan mandat Negara kepada warganya. Lisensi mengemudi merupakan wujud pengakuan Negara terhadap kemampuan warganya untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.
Banyak fakta yang berceceran seputar SIM. Mulai dari persyaratan usia hingga proses perpanjangannya. Tulisan ini merangkum sebagian fakta-fakta yang berceceran tersebut.

1. Fungsi SIM
SIM berfungsi sebagai legitimasi kompetensi pengemudi, identitas pengemudi, kontrol kompetensi pengemudi, dan forensik kepolisian. Seseorang dianggap kompeten jika telah lulus ujian teori, ujian keterampilan melalui simulator, dan ujian praktik.

2. Persyaratan Usia
Persyaratan usia minimal seseorang memiliki SIM ternyata berubah-ubah. Dalam UU No 3 tahun 1965 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya (LLAJR) yang diteken Presiden Soekarno pada 1 April 1965 disebutkan bahwa penerima SIM minimal berusia 18 tahun. Namun, pada era Presiden Soeharto, dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) ditegaskan minimal 16 tahun untuk penerima SIM C, atau SIM untuk pengendara sepeda motor…

Lihat pos aslinya 341 kata lagi

Iklan