Edo Rusyanto's Traffic

poster_konsentrasi_kopcau7

BENERAN. Gara-gara ngelamun alias bengong, saya pernah nyium bemper belakang mobil orang. Sekalipun gak terlalu keras, insiden itu cukup mengganggu pikiran.

Insiden tidak menimbulkan korban cedera, hanya menimbulkan sedikit goresan di bember. Maklum, ciumannya pakai roda depan sepeda motor dalam kecepatan sekitar 40 kilometer per jam (kpj).

Setelah dipikir-pikir, memang benar bahwa konsentrasi saat berkendara adalah harga mati. Maksudnya, kita para pengemudi mutlak untuk berkonsentrasi. Sedangkan kata kunci untuk konsentrasi ada pada fokus dan waspada. Tanpa kedua aspek tadi konsentrasi bisa buyar.

Dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), setiap pengemudi diwajibkan berkonsentrasi. Siapa saja yang melanggar bisa dikenai sanksi penjara maksimal tiga bulan. Atau, denda maksimal Rp 750 ribu.

Tabrak depan-belakang, seperti yang terjadi pada saya sekitar tujuh tahun lalu ternyata masuk kategori jenis kecelakaan paling banyak. Untuk di wilayah Polda Metro Jaya yang mencakup Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek), tabrak depan-belakang menempati…

Lihat pos aslinya 113 kata lagi