eco campus

Edo Rusyanto's Traffic

its sby sepeda dinas

TREN bersepeda kayuh di seputar kampus terus bergulir di Indonesia. Kampus jadi ikut menggulirkan kampanye ramah lingkungan. Apalagi, jika luas kampus tersebut mencapai puluhan hektar atau bahkan hingga seratusan hektare. Rasanya bisa lebih nyaman keliling kampus sambil gowes.

Salah satu kampus yang memiliki fasilitas sepeda adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Kampus yang memiliki luas sekitar 180 hektare itu cukup hijau karena disana sini terdapat pepohonan yang rindang. Salah satu shelter sepeda yang disediakan kampus tampak di salah satu sudut gedung rektorat.

“Sepeda kampus yang kami miliki ada sekitar lima ratusan unit di antaranya sumbangan dari para alumni ITS,” papar Yudha Prasetyawan, dosen sekaigus Sekretaris Pusat Inkubator Industri (BKIBV) ITS saat berbincang dengan saya, di kampus ITS Surabaya belum lama ini.

Dia menjelaskan, kehadiran sepeda kayuh tersebut cukup membantu bagi civitas akademika yang ingin wira-wiri di seputar kampus. Walau, tambahnya, masih banyak juga mahasiswa yang…

Lihat pos aslinya 281 kata lagi

Iklan