Edo Rusyanto's Traffic

perempuan kecelakaan di jakarta

PEREMPUAN sebagai pelaku kecelakaan lalu lintas jalan ternyata melonjak. Data Ditlantas Polda Metro Jaya memperlihatkan bahwa pada 2014 lonjakannya menyentuh angka 49,50%. Ada apa?

Sebelum mencaritahu kenapa terjadi lonjakan seperti itu coba kita lihat sejenak data milik Ditlantas yang membawahi Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi tersebut. Pada 2014, jumlah pelaku kecelakaan atau orang yang memicu kecelakaan secara keseluruhan menurun sekitar 6%. Namun, dari kelompok jenis kelamin perempuan justeru melonjak drastis. Di sisi lain, pelaku dari kalangan laki-laki menurun sekitar 8%.

Dampak dari melonjaknya jumlah pelaku dari kelompok perempuan itu membuat kontribusi perempuan juga ikut melonjak. Tahun lalu, kontribusi perempuan sekitar 7%, padahal pada 2013 baru sekitar 4%. Sebaliknya, para lelaki yang memicu kecelakaan menurun dari dari 96% menjadi 93%. Apakah perempuan pengendara kian agresif?

Sementara itu, perempuan yang menjadi korban kecelakaan di Jakarta dan sekitarnya justeru menurun. Pada 2014, setiap hari ada lima perempuan yang menjadi korban. Angka itu setara…

Lihat pos aslinya 166 kata lagi