Edo Rusyanto's Traffic

tol cikapali minim lampu

KABAR pengoperasian jalan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sepanjang 116,75 kilometer (km) cepat menyeruak. Maklum, publikasinya cukup luas karena mendapat perhatian cukup besar dari kalangan awak media di Indonesia. Kehadiran ruas jalan tol di jalur pantai utara (Pantura) Jawa ini banyak dinanti-nantikan orang.

“Untuk menempuh jarak Jakarta – Cirebon saya sekarang hanya butuh waktu sekitar 2,5 jam,” ujar Asep, seorang pedagang saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Jalan tol yang dibangun dan dioperasikan oleh PT Lintas Marga Sedaya ini menghubungkan Cikampek (Kabupaten Karawang) dengan Palimanan (Kabupaten Cirebon). Kehadiran jalan tol yang menelan investasi hampir Rp 14 triliun ini oleh Korlantas Polri Irjen Condro Kirono dinilai mampu mengurangi beban kendaraan roda empat arus mudik Lebaran hingga 40%.

Ironisnya, kurang dari seminggu dioperasikan secara gratis, tol yang bertarif Rp 827 per kilometer ini, dirundung kecelakaan lalu lintas jalan secara bertubi-tubi. Berikut ini fakta-fakta seputar kecelakaan di jalan tol yang diresmikan oleh Presiden…

Lihat pos aslinya 233 kata lagi

Iklan