hmmm

Edo Rusyanto's Traffic

transjakarta laka mampang 2015

KECELAKAAN lalu lintas jalan yang melibatkan bus ternyata menyedot perhatian banyak kalangan di Jakarta. Tak terkecuali sang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Gubernur sampai-sampai menginstruksikan penggantian bus yang usang dengan yang baru. Bahkan, khusus bus Trans Jakarta, dia meminta perawatan bus dilakukan oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) agar lebih terjamin kenyamanan dan keselamatan para pengguna bus.

Lantas, seperti apa fakta-fakta kecelakaan yang melibatkan bus di Jakarta dan sekitarnya? Bagaimana perbandingannya dengan kendaraan bermotor lainnya?

Saat ini, bus menjadi angkutan umum massal wira-wiri melayani warga Jakarta. Ukuran bus yang beroperasi bisa dibagi dua, yakni ukuran sedang dan ukuran besar. Di Jakarta, saat ini terdapat sejumlah operator bus berukuran besar di antaranya Trans Jakarta, Mayasari, PPD, dan Damri. Sedangkan untuk ukuran sedang antara lain adalah Kopaja dan Metro Mini.

Ada dua yang memiliki kekhasan, yakni bus Damri yang melayani angkutan dari dan menuju bandara. Lalu, Trans Jakarta yang memiliki jalur…

Lihat pos aslinya 389 kata lagi