macettt

Edo Rusyanto's Traffic

mudik1_david

MUSIM mudik Lebaran menjadi salah satu arena menguji kesabaran saat berkendara di jalan raya. Bagaimana tidak, jalur yang biasanya ditempuh berkisar 2-3 jam, tiba-tiba berubah menjadi dua kali lipat, bahkan bisa tiga kali lipatnya. Kalau tidak sabar, bisa repot deh.

Sebagai ilustrasi mari kita lihat data milik kementerian perhubungan (kemenhub). Pada musim mudik Lebaran 2014, kecepatan rata-rata bus antar kota antar provinsi (AKAP) untuk jurusan Jakarta-Merak turun 10,52% menjadi 56,72 kilometer per jam (kpj). Bahkan, untuk rute Cikampek-Cirebon anjlok hingga 20,28% yakni menjadi 32,35%.

Usut punya usut, pada musim mudik Lebaran 2014 memang terjadi penambahan beban arus kendaraan. Maklum, pada rentang waktu yang hampir bersamaan, jutaan kendaraan bermotor tumpah ruah di jalan-jalan terutama di jalur utama mudik.

Pada musim mudik Lebaran 2014, sekitar 36 juta orang bergerak dalam waktu yang hampir bersamaan dalam rentang musim mudik, yakni H-7, H+7 serta H1 dan H2 Lebaran. Masa puncak terjadi antara H-4 dan…

Lihat pos aslinya 236 kata lagi

Iklan