masih liburan…

Edo Rusyanto's Traffic

kawah putih dari atas

“BAGI para pengunjung terutama yang berada di pusat kawah, harap segera naik bila merasa pusing atau telah melebih 15 menit di kawasan kawah.”

BEGITU kira-kira inti pesan suara perempuan yang keluar dari pengeras suara, Sabtu, 18 Juli 2015 sore. Pengumuman itu diputar secara berkala oleh pengelola Kawah Putih, Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat untuk mengingatkan para wisatawan. Maklum, lazimnya sebuah kawah, dia mengeluarkan uap belerang yang bisa menyesakkan dada jika menghirupnya terlalu banyak.

“Sebaiknya pakai masker pak. Ini kami jual, satunya Rp 5.000,” ujar pria muda di mulut masuk ke arah kawah saat saya melintas.

Jadilah saya merogoh kocek membeli masker yang kalau di Jakarta dilego berkisar Rp 1.500-2.000 per unit. Maskernya berwarna hijau toska.

Menuju kawasan wisata Kawah Putih dari Jakarta tidak terlalu sulit. Aksesnya cukup bagus. Dari Jakarta bisa melintas lewat jalan tol Jakarta-Cikampek, lalu masuk ke tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) dan keluar di gerbang tol (GT) Kopo. Selanjutnya…

Lihat pos aslinya 761 kata lagi

Iklan