Edo Rusyanto's Traffic

sim-c-keluaran-2015

FAKTA memperlihatkan bahwa pelaku kecelakaan mayoritas tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Komposisinya tidak tanggung-tanggung sekitar 56% dari total pelaku kecelakaan lalu lintas jalan. Ada persoalan apa di jalan raya kita?

Aturan yang berlaku saat ini mewajibkan seluruh pengendara di jalan raya memiliki SIM. Mulai dari pengendara sepeda motor hingga pengemudi angkutan barang. Tentu saja jenis SIM nya berbeda-beda. Misal, untuk para pesepeda motor mesti memiliki SIM C, sedangkan untuk pengendara mobil penumpang alias mobil pribadi mesti punya SIM A.

Lantas, kalau pelaku kecelakaan, yakni orang yang memicu terjadinya kecelakaan ternyata banyak tidak punya SIM, pertanda apa? Bisa jadi, pengemudi yang wira-wiri di jalan raya banyak yang tidak punya SIM. Atau, para pengemudi yang tidak memiliki SIM lebih berpotensi memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan.

Dua pemikiran tadi tentu perlu dibedah lebih lanjut. Afdolnya, dilakukan penelitian ilmiah sehingga bisa memperkuat argumentasi. Namun, sebelum lebih jauh soal itu mari kita tengok…

Lihat pos aslinya 401 kata lagi

Iklan