Batas maksimum

Edo Rusyanto's Traffic

bus harapan jaya vivanews

SEORANG jurnalis bertanya kepada saya, “Apakah efektif aturan batas kecepatan untuk mencegah kecelakaan?”

Jujur saja, pertanyaan tersebut amat berat dibandingkan pertanyaan, “Apakah aturan batas kecepatan di jalan raya bisa diterapkan secara efektif ?”

Merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 11 tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan, arti batas kecepatan adalah aturan yang membatasi kecepatan yang lebih rendah karena alasan keramaian, disekitar sekolah, banyaknya kegiatan disekitar jalan, penghematan energi ataupun karena alasan geometrik jalan.

Terkait hal itu, aturan yang diteken oleh Menteri Perhubungan Ignatius Jonan pada 29 Juli 2015 ini juga menyatakan perlunya manajemen kecepatan, yakni tata cara mengelola kecepatan dalam rangka mewujudkan keseimbangan antara keselamatan dan efisiensi kecepatan kendaraan.

Pada praktiknya akan ditetapkan batas kecepatan paling tinggi bagi kendaraan bermotor dan sepeda motor. Batas kecepatan paling tinggi ditentukan untuk lebih menjamin keselamatan pengguna jalan sehingga tersedia waktu yang cukup untuk penghindaran tabrakan. Selain itu, kalau terjadi tabrakan…

Lihat pos aslinya 833 kata lagi