Edo Rusyanto's Traffic

busway mampang diserbu motor

KOTA Jakarta tak pernah berhenti berbenah. Pembangunan fisik terus bergulir disana-sini. Gedung jangkung berlomba-lomba mencakar langit. Di jalan raya, aneka kendaraan bermotor hadir setiap hari. Mulai dari yang harganya belasan juta, ratusan juta, hingga miliaran rupiah. Mereka berdesakan di jalan yang segitu-gitu saja.

Ya. Panjang jalan Jakarta bergerak aman lamban, yakni rata-rata 0,01% per tahun. Sedangkan jumlah kendaraan bermotor berlari lebih cepat, yakni berkisar 10-15% per tahun. Setidaknya saat ini ada 12 juta kendaraan bermotor di kota yang berpenduduk 9,5 juta jiwa ini. Mayoritas dari kendaraan tersebut didominasi oleh sepeda motor.

Sementara itu, kalau merujuk data Ditlantas Polda Metro Jaya yang menaungi Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek), jumlah kendaraan bertambah 5.500-6.000 unit per hari. Dari jumlah tersebut, sepeda motor mencapai 4.000-4.500 per hari. Bayangkan, per hari.

Hingga akhir 2014, jumlah kendaraan di wilayah ini mencapai sekitar 17,5 juta unit. Dari total kendaraan bermotor, sepeda motor menyumbang sekitar 75% atau…

Lihat pos aslinya 357 kata lagi

Iklan