Bukit Jamur kaos

Hi Salam wildlife!Kembali lagi dengan posting cerita jalan-jalan dari seseorang rekan  yang kali ini perjalanan wisatanya tak jauh-jauh dari Surabaya. Yup masih dikota satelit tetangga kota Surabaya yaitu kota Gresik ada suatu objek wisata yang tak lama ini lagi booming apa hayo?namanya seperti mengingatkan kita tentang salah satu gorengan crisphy dipinggir jalan..haha. Ternyata benar kan Jamurcrisphy  haha bukanlah yang benar itu ya “Bukit Jamur” .

Kalau kalian lihat sperti ada didunia mariobros lah disini…hmm itu lo game lama yang pahlawannya dua orang saudara dan berprofesi sebagai tukang ledeng bila makan jamur ajaib tubuhnya bisa membesar..hahah..

Location :

Lokasi bukit jamur ini di terletak di desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Untuk mencapai kelokasi tersebut dari kota gresik melewati jalur pantura, setelah jembatan sungai bengawan solo sembayat tepatnya di pertigaan Bungah belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar satu kiloan di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang lurus sampai pertigaan kemudian kearah kiri sampai terlihat Bukit Jamur ini.

Berikut petanya :

peta bukit jamur 1 peta bukit jamur 2

History :

Sebenarnya tak bukan tak lain daerah ini dulunya adalah Sebuah area kosong yang bekas pertambangan atau lahan bekas galian batuan kapur di Bukit Kaliwot, Desa Bungah. Pemilik galian C di lokasi bukit jamur, Irsyad Raharja, mengemukakan, lokasi mulai digali sekitar tahun 1992. Bekas galian C itu ditutup tahun 2008 dan sejak 2010 dibuka untuk masyarakat umum.

Usut punya usut ternyata asalmulanya terbentuk batuan jamur ini karena kolaborasi manusia dan alam. Dulunya batuan yang keras dibiarkan begitu saja karena susah untuk diambil akhirnya bagian yang dikeruk hanya lahan disekitarnya saja…Nah lambat laun bebatuan itu terkena panas, hujan kemudian bagian yang keras tadi akhirnya terkikis juga dan memmbentuk tudung jamur coy terus lahan yang dibawahnya membentuk tebing batang jamurnya.

Kurang lebih ada sekitar 40 batu jamur di lokasi sekitar 3 hektar dan tinggi batuan jamurnya bervariasi lo…mulai dari 2meter sampai 7 meter.

Pertama-pertama bukit jamur ini cuman diketahui beberapa warga lokal dan para fotografer untuk tema-tema preweed tapi lambat laun booming juga apalagi setelah ditayangkan ditelevisi lewat acara My Trip My Adventure link http://www.transtv.co.id/index.php/programs/view/6/456#.Vd675ZM-6MI

Woh wisatawannya langsung membeludak setiap minggunya juga ramai. Di tempat ini juga telah menjadi desa wisata dan tersedia pedagang-pedagang penjual baju yang bergambarkan landcape bukit jamur. Tempatnya memang bagus apalagi kalau untuk foto sunset.

Nah kali ini Surya Aditama di link facebook profile mengabadikan bukit Jamur dari sudut pandang berbeda yaitu lewat udara dengan Phantom DJI 3nya monggo bisa disimak fotonya dan videonya dibawah ini :

11895974_10204488383999704_4738830857338303324_n 11885083_10204488384039705_7167854754017427877_n

Juga sempet mampir ke bukit kapur sekapuk

Berikut videonya :

Fasilitas :

Tempat parkir sepeda motor dikenai Rp 3000,- Mobil Rp 5000,-

Penyewaan payung sekitar Rp 3000-5000 tergantung ukuran payung dan negosiasi karena memang udaranya sangat panas karena gresik kota Industri dan dekat dengan banyak tambak kadang suhu disini sangat terik jadi bersedialah bekal.

Semoga info ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca J

Iklan