Edo Rusyanto's Traffic

sim c keluaran 2015

BANYAK pemberitaan yang menyebutkan seorang pelaku kecelakaan lalu lintas jalan yang kedapatan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Alasannya beragam, mulai dari sang pelaku berusia di bawah umur hingga belum sempat mengurus SIM. Tahukah Anda bahwa mayoritas pelaku kecelakaan di Indonesia ternyata mereka yang tanpa SIM?

Mari kita longok data yang saya kutip dari Korlantas Mabes Polri. Pada periode semester pertama 2015 terlihat bahwa sekitar 58% pelaku kecelakaan adalah mereka yang tanpa SIM. Data itu memang tidak merinci kenapa para pelaku itu tanpa SIM. Pastinya, setiap hari ada 148 pelaku kecelakaan yang datang dari kelompok tersebut.

Bila dibandingkan dengan periode sama setahun sebelumnya, pelaku tanpa SIM meningkat sekitar 7%. Gejala apakah sehingga mereka yang tanpa SIM meningkat?

Salah satu yang amat pasti adalah lantaran sang pelaku kecelakaan adalah mereka yang berasal dari kelompok di bawah umur. Pelaku yang berusia di bawah 17 tahun dapat dipastikan memang belum memiliki SIM. Namun…

Lihat pos aslinya 136 kata lagi