Edo Rusyanto's Traffic

kemacetan jelang per4an kuningan

BANYAK diantara kita yang sudah tahu tentang Sumbangan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Tapi, barangkali masih sedikit yang tahu bahwa kalau telat membayar sumbangan yang satu ini Anda bakal dikenai denda.
“Dendanya kok gede banget yah? Saya telat bayar, eh didenda Rp 100 ribu,” tutur kolega saya yang telat membayar pajak mobil, saat berbincang dengan saya, Rabu, 16 September 2015 malam.
Kolega saya yang lain menimpali. “Saya juga punya pengalaman kena denda, tapi untuk motor, dendanya Rp 32 ribu.”
Apa hubungannya pajak kendaraan bermotor dengan SWDKLLJ?
Baiklah, untuk menyegarkan ingatan kita, begini ceritanya.

SWDKLLJ merupakan premi asuransi yang dibayarkan oleh para pengusaha/pemilik alat angkutan lalu lintas jalan kepada perusahaan yang menyelenggarakan dana kecelakaan lalu lintas jalan. Dalam hal ini, setiap pemilik kendaraan bermotor dikenai pungutan yang lalu dananya disetorkan ke PT Jasa Raharja, selaku badan usaha milik negara (BUMN) yang mengelola dana SWDKLLJ.

Besaran SWDKLLJ bervariasi, saat ini, kalau…

Lihat pos aslinya 313 kata lagi