actual dan realita

Edo Rusyanto's Traffic

operasi razia lalin jkt

PARA remaja yang pernah ditilang mengaku alasan utama penilangan karena mereka tidak mempunyai surat izin mengemudi (SIM). Dari 10 remaja yang mengendarai sepeda motor dan mobil, 7 di antaranya pernah ditilang karena tidak punya SIM. Sangat masuk akal mengingat mereka masih di bawah umur sehingga belum memenuhi persyaratan administrasi untuk mendapatkan SIM.

Tunggu dulu, mayoritas remaja yang membawa kendaraan pribadi tersebut ternyata mengaku tidak pernah ditilang. Hanya sekitar 28% dari mereka yang mengaku pernah ditilang.

Hal itu semua mencuat dari jawaban para siswa sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) yang saya tanyai di Jakarta, baru-baru ini. Mayoritas dari mereka mengaku memakai kendaraan pribadi ketika pergi ke sekolah karena dianggap paling murah biayanya. Nah, kendaraan bermotor yang menjadi favorit adalah sepeda motor, yakni sekitar 55%.

Pada bagian lain para pelajar tersebut mengaku bahwa penegakkan hukum di jalan raya masih belum tegas. Mereka yang menjawab ini mencapai sekitar 50% dari seluruh responden dan…

Lihat pos aslinya 83 kata lagi