jam rawan

Edo Rusyanto's Traffic

bus laka ciloto 2015_viva

Anda perlu tahu hal ini. Ternyata rentang waktu paling tinggi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan ada pada siang hingga petang hari. Lebih tepatnya, rentang pukul 12.00 hingga 18.00.

Boleh jadi hal itu disebabkan dalam rentang waktu tersebut volume dan frekuensi lalu lintas jalan cukup tinggi dibandingkan waktu-waktu lainnya. Siang hari adalah ketika banyak aktifitas atau mobilitas orang dalam berinteraksi sosial, apalagi dalam urusan bisnis atau mencari nafkah.

Sedangkan petang hari memasuki waktu kembalinya mayoritas para pekerja ke rumah masing-masing. Setelah seharian beraktifitas, tentu kondisinya mulai lelah, membuat para pengendara yang hendak pulang ke rumah menjadi sedikit menurun konsentrasinya. Apalagi, jika didorong oleh keinginan buru-buru tiba di rumah sehingga sedikit lengah. Padahal, kelengahan adalah biang kerok terjadinya kecelakaan di jalan. Sebagai gambaran, sepanjang semester pertama 2015, lengah menjadi penyumbang terbesar, yakni sekitar 33% dari total pemicu kecelakaan. Kasus yang dipicu lengah mencapai sekitar 86 kejadian per hari.

Nah, berikut ini saya…

Lihat pos aslinya 248 kata lagi