12342562_986733498053175_5664583621427353513_nHI, Salam wildlife kali ini rekan-rekan sueto turing menuju tumpak sewu lumajang yang katanya itu terkenalnya “Niagaranya Jawa Timur/Indonesia” apa sih dimana niagara itu bagi yang beum tahu lihat aja foto airterjun niagara dibawah ini yang biasanya buat syuting-syuting film hollywood..ya jauh sih kalau sama niagara jauh debit airnya maksutnya..hehehe..

Waterfalls-2-Niagara-Waterfalls-1
Petanya kalau dari Surabaya ke Air Terjun Tumpak Sewu atau Goa Tetes

tumpaksewu
Waktu itu rekan-rekan berangkat malem dari sby ya sekitar 4-5jam lah sampe..Biar sampenya pagi ka rejeki itu datangnya pagi hari, semakin pagi ya semakin banyak rejeki katanya pepatah sih..Hmm berikutnya Tahu gak tahu ya jalan terbaik tanya GPS(Gatekno Penduduk Sekitar)alami natural sudah kalau kehilangansinyal..
Air terjun ini tumpak sewu ini sepaket dengan goa tetes kalau mau lewat via goa tetes sih..Nah kalau lewat sini bisa sekalian menikmati sensasi menuruni airterjun lo..Petualangan naik turun tebing batuan stalagtit stalagmit dengan guyuran aliran air yang lebat. Akses paling jauh untuk turun ke Coban Sewu. Harus menuruni anak tangga hingga Gua Tetes kemudian turun lagi ke bawah merambat di bibir tebing menuju aliran sungai. Dilanjutkan trekking susur sungai melawan arus sekitar 200 meter menuju Coban Sewu bagian bawah.

Butuh minimal 3 jam untuk pergi pulang dari parkiran menuju Coban Sewu termasuk foto-foto di lokasi. Tapi Perjuangannya itu lo kalau lewat sini menjadi pengalaman paling extreme lo kalau anda orangnya biasanya ra neko-neko pokoknya seneng deh dan harus hati-hati (keep safety first).

Ada nih yang via jalur resmi Desa Sidomulyo. Jalur ini bisa dibilang jalur umum aman dan juga dekat masbro dan sista. Komplit dapat panorama atas juga dapat turun untuk dapat tampak bawah. Ada tangganya lo santai tangganya gak horor kok kuat lah dari bambu kombinasi kayu cuman yang parno ya bisa jadi..bisa jadi..bisa jadi anada kurang turing..haha. Jalurnya landai dan terdapat beberapa gardu pandang untuk santai sejenak menghela nafas. Pun akan merasakan dingin menyeberangi sungai. Karena beberapa terbuat dari tanah, musti ekstra waspada, terlebih musim penghujan seperti sekarang November-Desember itu licin.

Adalagi yang via Ampel Gading.Dari sini terlihat Pemandangan dari atas tebing bagian selatan dari Air terjun Tumpak Sewu. yaitu berjajar air terjun yang saling bertumpak atau bertindihan(Nah dari sini mungkin destinasi ini dinamai Air Terjun Tumpak Sewu. Akses, telah dibangun akses untuk turun menuju bagian bawah air terjun. Tapi yo ngunu kui, tebing sisi selatan ini sek curam. Vertical degree area. Fasilitas ya begitu apa adanya tetapi tidak begitu friendly untuk panjat tebing apalagi trekking wes pokoke medeni nek gak sing pro.

4th place, via aliran Sungai Glidik. Kalu bro n sis pingin memacu adrenalin seperti kuda yang dipecuti nah lewat sini bisa dicoba berada diketinggian 180meter dengan berfoto selfie uasik tenan tapi ya begitu keep safety first opo maneh nek cuacane gak bersahabat le…eman besok masih ada waktu buat turing lagi eh anda sudah gak ada. Karenan katanya orang situ kemarin point ini sudah memakan korban!ingat le..memakan korban bukan memakan buah gomu-gomu..(turut berduka cita).

Wes pokoke puas lan pegel sorean lah kami balik ke SBY sekitar jam 4 sore..bisa dilihat dokumentasinya dibawah ini :

HTM goa tetes : Rp 5000, HTM Tumpak Sewu Rp 5000,-, Guide Rp 100.000(bolehlah bagi yang awam), parkire Rp5000 ae jal gak guna masio mbok delokno laminatingan parkir berlangganan pemda…haha

Fasilitas kalau liburan ada banyak yang jualankok santai tapi air putih kemana-mana nomor satu Jal..

Akses mudah ditempuh ada plakatnya juga Air Terjun Tumpak Sewu kalau mau ke Goa tetes juga ada plakatnyakok

Saran :
Sehat Bro n Sis, Bawa baju ganti yo kan mau basah-basahan, minum jal, alat dokumentasinya dikasih cover macam apalah biar gak basah gitu atau kenak embun. Sering gunakan GPS(Gatekno Penduduk Sekitar) sek gak tersesat..Okay begitu dulu ceritanya untuk kali ini..mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca setia Sueto..

Iklan