DCIM100MEDIA

jurug gua luweng

Hi Salam wildlife!Kali ini Suetoclub team mengadakan perjalanan ke blitar yah masih sekitar November 2015 tahun kemarin yang pada awalnya rencana punya rencana ditunda eh akhirnya keuturutan setelah sewa mobilnya pasti ada..haha karena sebelumnya mau sewa mobil tapi ternyata mobilnya kosong tak terduga ya udah ketunda seminggu deh.

Perjalanan yang dituju adalah 2 destinasi eksotis di Blitar kalau para pembaca sudah pada tahu yaitu loh nama destinasinya jurug goa luweng dan Pantai Umbul waru. Destinasi pertama Secara administrasi, goa ini terletak di dusun Prodo desa Ngrejo Kec. Bakung, Kab. Blitar.Bisa dilihat rutenya di google map dibawah ini.

 

Picture1

Waktu itu kami berangkat malam hari sabtu malem minggu lewat Pare-Wates sampe Blitar ya pagi subuhan begitu langsung menuju Jurug Gua Luweng karena lokasinya terdekat dari kota Blitar. Pemandangan goanya sih cukup unik. Goa ini memiliki dua lubang air masuk dan air keluar..Nah supaya keindaanya bisa kita nikmati, kita bisa masuk di lubang keluarnya air goa ini sendiri mempunyai kedalam 50meter. Dibawahnya lagi kalau mau turun ada namanya jurug Taman. Terlihat dari akses jalannya penduduk juga sudah membuat bantalan jalan dari semen.

Untuk menuju goa luweng caranya cukup mudah, karena lokasinya di daerah Bakung sebelum monumen trisula. Saat ini sudah terdapat banner petunjuk jalan menuju goa luweng. Apabila anda dari Kota Blitar, anda bisa menuju arah Kademangan kemudian mengikuti petunjuk arah menuju pantai tambakrejo. Sesampainya di perempatan gawang, belok kanan menuju monumen trisula. Ikuti terus jalan hingga anda menemukan banner menuju goa luweng dan berbeloklah ke kanan.  Jalannya menuju goa luweng tidak terlalu sulit. Mirip dengan jalan menuju pantai pangi.Setealah sampai di parkiran kemudian bisa jalan kaki ya mungkin sekitar 400meter. Jalannya ini juga searah dengan obyek wisata lainnya seperti air terjun Tirto Galuh

DCIM100MEDIA

Nah tentang fasilitas sudah ada tempat parkir roda dua Rp3000 dan roda empat Rp5000 yang bisa dikondisikan. Pokoknya kemana-mana selalu jaga kebersihan saja

DCIM100MEDIA

DCIM100MEDIA

DCIM100MEDIA

DCIM100MEDIA

DCIM100MEDIA

 

Lanjut Destinasi kedua yaitu ke Pantai umbul waru pemandangannya cukup eksotis dengan air terjun yang jatuh ke laut. Ya mirip Wisata yang lagi booming itu Watu Anjlok dan Banyu Tibo. Tapi kalau di Umbul Waru ini hanya bisa dinikmati kalau ombak lagi surut kalau lagi pasang ya silahkan menikmati saja dari kejauhan demi keselamatan anda.

Yup Pantai umbul waru secara administratif terletak di desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Pantai ini bisa dibilang cukup sempit jika dibandingkan dengan pantai pangi maupun pantai tambakrejo.

Nah untuk menuju pantai umbul waru, kita bisa memilih rute melewati monumen trisula maupun goa embultuk. Karena akses ke pantai ini berada di tengah-tengah rute tersebut. Apabila anda dari monumen trisula, ikuti arah ke air terjun tirtogaluh, kemudian terus sampai melewati jembatan. Ketika anda sampai di pertigaan apabila lurus ke pantai pasur, belok ke kiri. Ikuti jalan terus hingga ada pos kamling di tikungan. Anda bisa belok kanan untuk menuju pantai umbul waru. Ikuti jalan utama terus maka anda akan sampai di pantai. Jangan ragu untuk bertanya pada orang yang anda temui di jalan supaya tidak tersesat.

Selain lewat pos kamling tersebut, anda juga bisa melewati jalan yang berada tepat di depan kantor kelurahan sidomulyo. Lewat jalur ini relatif lebih mudah dibanding jalur pos kamling. Kalau kami pikir bawa motor kesini saja pasti susah karena akses jalanya yang memang makadam apalagi kami yang waktu itu bawa mobil minjem lagi akhirnya mau gak mau kami putuskan untuk jalan kaki saja.

Berikut rutenya kalau dari Surabaya terus rajin-rajin tanya orang sekitar ya..Keep Safety dan lindungi lingkungan.

Picture2

Berikut Video Jurug gua Luweng

 

 

 

 

 

Iklan