Edo Rusyanto's Traffic

trail polisi

JALAN raya di Jakarta dan sekitarnya masih diwarnai kecelakaan lalu lintas jalan. Bahkan, pada 2015, kasus kecelakaan meningkat sekitar 8% menjadi sekitar 18 kasus per hari.

Kecelakaan demi kecelakaan yang terjadi dinilai sebagai ekses dari pertumbuhan kota yang kian modern. Maksudnya, pertumbuhan ekonomi yang mendorong daya beli membuat jumlah kendaraan bermotor pun ikut menggeliat. Jakarta dan sekitarnya, yakni Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek), kini dihuni 18,7 juta kendaraan bermotor. Jangan bandingkan dengan tahun 1970-an yang tentu saja populasi penduduk dan pertumbuhan ekonominya tak sedahsyat saat ini.

“Tahun 2015, jumlah kendaraan bermotor tumbuh 7%,” papar Kasubdit Bin Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, dalam pesan tertulis WA nya kepada saya, di Jakarta, Sabtu, 13 Desember 2016 siang.

Meruyaknya jumlah kendaraan bermotor di wilayah Polda Metro Jaya berdampak pada terus terjadinya kecelakaan di jalan. Selain, tentu saja berdampak pada kemacetan lalu lintas jalan. Khusus soal kecelakaan, kita tahu bahwa mayoritas…

Lihat pos aslinya 173 kata lagi

Iklan