Edo Rusyanto's Traffic

posisi bersepeda motor1

PERNAH suatu ketika seorang kolega nyaris celaka lantaran saat bersepeda motor perhatiannya kemana-mana. Dia mengaku pandangannya tergoda melihat obyek lain di sekitar jalan.

“Nyaris celaka. Tapi, saya juga pernah kecelakaan gara-gara ada pesepeda motor lain yang muncul tiba-tiba dari sela-sela mobil,” papar dia, suatu ketika di Jakarta.

Berbekal dari pengalaman tersebut kolega saya mencoba dan terus mencoba untuk bersepeda motor yang lebih aman dan selamat. Hal itu dia tempuh demi keselamatan di jalan dan tidak ingin merusak masa depan keluarga. Keren.

Namun, dari perbincangan dengan dia itu mencuat pertanyaan, sebenarnya posisi bersepeda motor yang aman dan selamat itu seperti apa sih?

Sekadar menyegarkan ingatan kita para pesepeda motor, berikut ini beberapa posisi bersepeda motor yang perlu kita terapkan saat menunggang si kuda besi.

Pertama, pandangan senantiasa jauh ke depan, yakni ke arah jalan yang akan dilintasi. Hal ini agar kita leluasa menyerap informasi yang ada, lalu mengambil keputusan yang tepat…

Lihat pos aslinya 128 kata lagi