Edo Rusyanto's Traffic

gps devicea

JUJUR saja, perkembangan teknologi informasi demikian pesat saat ini. Bayangkan, untuk urusan keamanan negara, ekonomi bisnis, pekerjaan kantor, perabotan rumah, hingga urusan asmara, bisa ditentukan sebatas jempol dan genggaman tangan. Fakta penting bahwa teknologi lahir untuk memudahkan hidup manusia.

Begitu juga dengan urusan kuda besi kita. Sepeda motor tunggangan kita ternyata bisa dibalut teknologi informasi sehingga terkoneksi di dalam genggaman tangan. Inilah era konvergensi, otomotif dengan teknologi informasi. Ceritanya begini.

Saat saya diperkenalkan dengan teknologi berbasis global positioning system (GPS) dunia kian terasa sempit. Pergerakan si kuda besi demikian terpantau lewat jejaring internet dan teknologi seluler. Kini, dalam dua bulan terakhir saya diminta mencoba sebuah alat GPS yang digadang-gadang cukup canggih untuk keamanan dan keselamatan berlalu lintas jalan, semua itu menjadi terasa lebih nyata.

Alat GPS seukuran kotak korek api kayu berwarna hitam dipasang di kuda besi saya pada pada penghujung 2015. Di dalam alat tadi tertanam kartu chip seluler…

Lihat pos aslinya 242 kata lagi

Iklan