Edo Rusyanto's Traffic

trotoar embong malang jatim

RASANYA pedestrian bakal nyaman berjalan di trotoar yang apik. Lewat trotoar yang aman, nyaman, selamat, dan indah bakal memperingan langkah.

Trotoar adalah fasilitas publik yang wajib disediakan oleh Negara. Fasilitas bagi pedestrian itu seyogyanya memberi rasa aman, nyaman, selamat, dan ramah bagi seluruh pejalan kaki.

Di sisi lain, trotoar menjadi simbol kota yang humanis. Wajah kota menjadi lebih manusiawi ketika trotoarnya memadai di tengah hiruk pikuk kendaraan bermotor yang mengguyur kota. Penataan kota yang apik akan tercermin dari tersedianya trotoar yang cantik.

Lihat saja trotoar di negara tetangga, Singapura atau Malaysia. Jalur pedestrian yang cukup lebar di kota memberi kenyamanan tersendiri bagi pejalan kaki. Tentu, kian apik manakala dilengkapi rindangnya pepohonan dan taman nan indah.

Di Jakarta, tentu di beberapa sudut utama kota, kita juga menjumpai trotoar yang cukup lapang dan nyaman. Misal, di kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan atau di jalur Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat…

Lihat pos aslinya 280 kata lagi