Edo Rusyanto's Traffic

PEMERINTAH terus membenahi aturan mengenai angkutan berbasis jasa aplikasi atau kondang disebut angkutan online (angkol). Termutakhir, pemerintah melalui kementerian perhubungan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (PM) 26 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

PM 26 tahun 2017 itu merevisi PM 32 tahun 2016 tentang hal yang sama. PM hasil revisi itu ditetapkan berlaku 1 April 2017. Namun, ada sejumlah point yang tidak serta merta berlaku pada tanggal itu melainkan ada masa transisi, yakni dua dan tiga bulan. Pastinya, masa transisi habis pada 1 Juni 2017. Artinya, aturan berlaku mulai tanggal tersebut.
Lantas, apa yang dimaksud dengan angkol?

Merujuk PM 26 tahun 2017, angkol masuk dalam kategori angkutan sewa khusus dengan rumpun sebagai angkutan umum tidak dalam trayek. Defenisi angkutan sewa khusus adalah pelayanan angkutan dari pintu ke pintu dengan pengemudi. Lalu, wilayah operasinya di kawasan perkotaan. Sedangkan pemesanannya menggunakan jasa aplikasi berbasis teknologi informasi.

Lihat pos aslinya 362 kata lagi