Edo Rusyanto's Traffic

KITA kenal beragam bentuk operasi kepolisian lalu lintas di jalan raya. Sebut saja misalnya, Operasi Simpatik, Operasi Zebra, dan Operasi Patuh.

Ketiganya, kalau kita perhatikan seksama, bermuara pada persoalan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan berlalu lintas jalan.

Tak bisa diabaikan bahwa persoalan keselamatan berlalu lintas menempati porsi terbesar. Itu dalam pemikiran saya. Maklum, kepolisian berujar bahwa kecelakaan senantiasa diawali oleh pelanggaran aturan di jalan. Kalau pelanggaran dapat ditekan, kasus kecelakaan juga bisa berkurang dong?

Nah, menghadapi razia lalu lintas jalan sesungguhnya hal yang biasa. Selaku pengendara perlu memperhatikan beberapa hal agar suasana tetap nyaman dan aman. Kalau pengalaman saya seperti ini.

Pertama, selalu membawa kelengkapan surat-surat seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM). Tentu, masa berlaku surat-surat itu pastikan tetap hidup.

Kedua, ikuti arahan petugas ketika diminta menepi di tempat yang aman dan selamat. Sebisa mungkin ketika berhenti tidak ikut menambah kemacetan lalu lintas jalan.

Ketiga, jawab…

Lihat pos aslinya 76 kata lagi

Iklan