Edo Rusyanto's Traffic

BUKAN mustahil kecelakaan terjadi saat kita berputar arah atau berbelok. Tabrakan terjadi karena ada pengendara lain yang datang dari samping dengan kecepatan tinggi. Brak!

Contohnya seperti dalam tayangan video ini. Mobil yang hendak berputar arah diseruduk pesepeda motor yang melaju kencang di sisi kanan jalan.

Kalau kita perhatikan seksama, mobil memang sudah memberi lampu penunjuk arah atau sein untuk berbelok. Namun, bisa jadi pesepeda motor tidak menduga pergerakan itu. Jadilah tabrak samping.

Kita para pengguna jalan, khususnya pesepeda motor, tak boleh lengah sedikitpun ketika berkendara. Resep untuk mencegah tabrakan seperti video di atas yang utama adalah menerapkan SEE alias see, evaluate, dan execute secara maksimal.

SEE bermakna menghimpun informasi dengan melihat ke arah depan, belakang, dan sekeliling. Lalu, mengkalkulasi risiko. Misal, apakah ketika mendahului sudah cukup aman. Terakhir, mengambil keputusan apakah perlu untuk mendahului atau tetap melaju di belakang kendaraan yang ada di depan.

Langkah penting dalam SEE adalah…

Lihat pos aslinya 117 kata lagi

Iklan