Hi Lama Tak Jumpa perjalanan kali mengunjungi tempat yang akhir-akhir ini bisa viral karena hijau vegetasi yang dikatakan mirip new zealand dengan latar belakang gunung penanggungan..haha ada-ada anak jaman sekarang membuat suatu temat menjadi viral..

Akhir Febuari 2020 sebelum virus corona menyerang Ranu Manduro ini sempat didatangi Via Valen kalau gak salah hari sabtu setelah itu hari Minggunya wisatawan malah membludak

Saat itu sih kami sebenarnya tidak punya rencana kesana tapi tiba-tiba ada rekan yang megajak kami kesana..jadi dengan segala pertimbangan cuaca yang cerah kami shubuh berangkat dari Surabaya..

Tempatnya tidak jauh kalau dari Surabaya..Search saja di google Ranu Manduro nanti akan ditunjukkan rutenya..

Tarif masuknya yang biasanya seikhlasnya akhirnya dimanfaatkan oleh warga mungkin total bisa 15ribu-20ribu sekali masuk..itupun kalau bisa masuk karena memang ramai sekali apalagi yang bawa mobil mustahil bisa masuk kalau gak tahu jalan tembusan dan sedikit jalan kaki.

Bisa dilihat di video di channel youtube kami..telat kami keluar waktu itu malah gak bisa pulang karena pengunjung semakin siang membludak tidak karuan fenomena yang sering keterlaluan terjadi di dalam masyarakat plus +62 haha..untuk kami bisa keluar lewat beberapa jalan pitas diatas..

Awalnya tempat ini yang dibuka memang Ranu Manduronya saja tapi tempat wisata sebenarnya milik swasta perusahaan penambang pasir..Jadi yang mempunyai hak untuk mengolah sebenarnya pihak swasta.

Ranu Manduro ini sempet viral gara-gara ada anak naik motor dan lagu tiktok remix feelinggud..haha

Setelah kejadian hari Minggu itu tempat wisatanya sempat tutup dan dibuka lagi seminggu kemudian

Tapi sekarang kondisi tidak seramai awal buka jadi malah lebih santuy saja kalau mau berfoto dengan latar belakang Gunung Penanggungan Feeling Good..haha

Thanks Sobat Pemerhati