Tag Archive: goa cina beach



IMG_2682

Salam wildlife!yup sueto grup memulai lagi touring mencari tempat-tempat baru yang alami dan asik untuk dikunjungi. Perjalanan yang dilakukan di bulan November 2013 ini bermaksut sekalian kita survey disekitar pantai selatan Malang tapi sekalian touring dari Surabaya tujuannya yaitu pantai selatan Malang kemudian  pantai Mbengkung. Pantai Mbengkung ini terletak di desa gajahrejo kecamatan gedangan Malang, Jatim, Indonesia.

Letak  Pantai di wikimap :

peta

Perjalanan dari Surabaya kami berangkat malam hari sehingga target kami sampai kesana di pagi hari tercapai agar dalam sehari kami bisa agak lama berada di kawasan pantai. Sesampai di daerah Turen sekitar jam 2 pagi kami beristirahat dahulu makan pagi karena ada sesuatu warung yang menggoda kami di sebelah pom bensin kota Turen yaitu penyetan Ceker Setan yang memang setelah dirasakan benar-benar membuat malam yang terasa dingin saat itu terasa sangat panas, pedas dan keringetan. Bumbu penyetan ceker setan yang merupakan perpaduan merica dan lombok ini terasa benar-benar membuat kami kepedasan seperti dikejar setan dipadu dengan jeruk hangat di malam hari terasa mantab lah saat itu. Setelah makan kami menuju ke arah Sumbermanjing untuk istirahat lagi dan sholat shubuh tapi perut ini tiba-tiba berkejolat hanya 2 jam setelah jeda makan memang bumbunya berasa mengguggah perut kami hingga sangat panas dan ingin bunag air besar saat itu juga tak hanya satu orang beberapa rekan kami yang mencoba ceker setan itu juga berfeek sama pada perutnya masing-masing haha..

Udara saat itu sangatlah dingin meskipun kami sudah berpakaian lengakap saat itu tapi tetap saja kami tidak bisa membayangkan bahwa keadaan cuaca saat itu bisa sama dinginnya dengan saat kita berada di kawasan pegunungan Bromo ya meskipun daerah Sumbermanjing tidak terlalu tinggi. Sampai pagi pun sekitar jam 05.30 matahari tidak mau menyapa kami hari masih terkesan sangat gelap dan mendung sampai akhirnya kami tiba dikawasan pantai kabutpun sampai menutup area lautan saat itu sekilas sayapun teringat oleh film “PirateCarribian” yang lautnya jika kapal Black Pearl datang diselingi asap kabut hehe..

Akhirnya kami pun tiba disebuah gubuk dekat pantai dan memutuskan untuk beristirahat sampai matahari mau menyapa kami. Sekitar jam 10 pagi kami pun terbangun dan mulai aktifitas di pantai dibawah ini bisa dilihat hasil dokumentasi pantai mbengkung. Pantai in terdiri dari 2 pantai yang ditutupi karang airnya pun sangat jernih tidak membuat kami gatal-gatal saat setelah mandi di pantai , kedua pantai ini memiliki ombak yang besar dan saat kami disana ombaknya memang sedang besar-besarnya jadi hati-hati bagi yang membawa  anak-anak untuk bermain di pantai ini. Pantai ini pun menjadi destinasi favorit kebanyakan pemancing lokal karena sebelah timu pantai ini juga bersebelahan dengan pantai nglepek dan TPI di sendang biru.

Simak foto-foto dokumentasi pantai Mbengkung di b awah ini :

IMG_2721

IMG_2543

IMG_2607

IMG_2637

IMG_2664

IMG_2709

IMG_2712

IMG_2715

IMG_2756

IMG_2757

IMG_2760

IMG_2766

IMG_2773

IMG_2789

IMG_20131202_142537

Setelah puas kami menikmati pantai yang indah ini kami langsung bergegas kembali ke Surabaya sekitar jam 4 sore hari dari kawasan pantai bajulmati. Kesimpulan kami memang banyak pantai indah yang belum terjamah manusia di sekitar kawasan jalur Bajulmati Malang yang mungkin bisa dijadikan destinasi favorit saat libur weekend   bagi yang suka liburan bertema alam dan menghindari kepenatan kota. Saran kami yang pertama memang harus dilestarikan kekayaan alam Indonesia juga kebersihannya juga tempatnya sudah ramai dan terkenal dijadikan tujuan wisata pihak perhutani dan pemerintah daerah juga harus selalu mendukung untuk pelestarian tempat-tempat wisata tersebut sehingga benar-benar manfaatnya bisa dirasakan oleh penduduk sekitar bukan investor. Membudidayakan masyarakat sekitar adalah hal yang sangat penting dalam pemerataan kesenjangan ekonomi seperti mengedukasi tentang menjaga kebersihan tempat wisata setelah masyarakat sekitar mampu mengolah tempat wisata tersebut sebagai ladang potensi bisnis pariwisata. Penting memberi edukasi kepada para Traveler yang berkujung, tentang edukasi  “Green Traveler Project” yang harus dilakukan saat kita berpergian ke tempat-tempat wisata. Menyediakan tempat sampah di daerah wisata juga sangat penting untuk menjaga  kebersihan dan kelestarian tempat wisata tersebut minimal setiap wisatawan mempunyai inisitatif untuk membawa plastik penampungan sampah sendiri agar tidak mengotori tempat tersebut meskipun di beberapa tempat wisata sudah ada pengolah atau penjaga kebersihannya. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak yang masih belum mengerti tentang artinya menjaga kebersihan dan seharusnya edukasi ini dimulai dari yang dewasa untuk mengajari pada yang mudang tentang pentingnya menjaga kelestarian dan lingkungan di negara sendiri. Terima kasih telah membaca tulisan ini semoga kami  tulisan ini berguna bagi seluruh pembaca di manapun mereka berada J.

Berikut link videonya silahkan di klik:

Silahkan berkunjung juga ke link ini jika mau paket travelnya https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/ 🙂

Iklan

Hay salam Wildlife Sueto…Sudah agak lama ndak merilis artikel baru mengenai extreme touring….ha2..soalnya nih anak2 Sueto community lagi sibuk mencari artikel baru tentunya dengan menjelajah tempat-tempat asyik di Indonesia dan masih di Indonesia belum kesampaian menjelajah duniakok..yang pentingkan Indonesia dulu dijelajah biar anak-anak bangsa ini lebih tahu indahnya Indonesia..

Hmmm berlanjut nih pada awal tahun tahun 2011 sekitar bulan Febuari kami Sueto Community berniat menjelajah lagi setiap inci pantai selatan Malang yang belum kami lewati akhirnya kami putuskan hari itu menelusuri pantai pertama sebelum pantai Bajulmati yaitu pantai Gua Cina diteruskan Bajulmati sektor 2 terus melewati jalan utama Banyuwangi-Pacitan yang masih belum jadi menuju pantai Nganteb diteruskan ke muara Wonogoro…ini peta perjalanan kami..

Mengapa perjalanan kami sebut 24 jam soalnya waktu itu kami berangkat jam 12 malam datengnya juga jam 12 malam juga…takdir emang berangkat dari surabaya jam 12 dari Malang eh malah tidur dulu di kota lesehan depan alfamart abis subuh-subuh mengantuk banget…zzzzzzz…..setelah subuh kami langsung meneruskan perjalanan saat itu kami berangkat 5orang naek motor…sampai daerah sumber manjing kami berhenti sejenak untuk sarapan didaerah sini sudah rawan sinyal ha2..3 emang payah kalau didaerah pantai emang kalau digunung mah nomer1…terus kami lanjutkan perjalanan melewati plakat pantai tamban belok kiri itu kami lurus beberapa kilo langsung belok kanan ada plakat pantai goa cina sama arah pantai Bajulmati kalau terus mah menuju sendang biru atau pulau sempu makanya kita belok kanan saja….Menyusuri jalan beraspal yang bagus naik turun bukit serasa di vietnam sajalah pemandangannya ha2..Awalnya kami agak linglung ternyata perkembangan pariwisata di pantai selatan ini begitu pesat awal kami lewat pantai Goa Cina tahun 2009 mah belum ada plakatnya sekarang sudah ada plakatnya jadi jelas tapi sayangnya jalannya tetap kayak dulu makadam tidak berubah padahal sudah ada lahan area parkirnya mobil-mobil kayak avanza juga bisa lewat sini kelihatannya pariwisata pantai Goa Cina ini memang inisiatif warga aja yang mengembangkannya..Setibanya di pantai biasa kami langsung menyusuri, menjelajah dan berfoto-foto untuk arsp Suetolah….Bagus!satu kta yang harus terucap dong melihat keindahan yang masih alami meskipun sudah mulai banyak wisatawan di pantai ini karena meskipun akses jalannya jelek tapi tempatnya memang mudah diketahui..

Hmm pantai Goa Cina ini berlokasi ± 6 kilometer dari Pantai Sendang Biru. Dan dari Kota Malang sekitar 70 kilometer. Pantai ini terletak di kawasan Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini terbentang sepanjang kurang lebih 3 kilometer.  Pantainya terdiri dari batu2 karang ombaknya sedikit ganas masih bisa dibuat mandi atau bermain-main dipinggir pantai. Pantai ini pertama kali ditemukan oleh pertapa China pada tahun 1950. Tetapi baru dipublikasikan ke publik tahun 2007. Konon nama pantai Goa China, di ambil dari Pasutri ( pasangan Suami Istri ) asal Cina yang pernah menempati sebuah Goa di Pantai tersebut. Gua Cinanya sampai sekarang juga sering dipakai untuk bertapa oleh orang-orang sekitar.

Berikut foto-fotonya :

Wahhh…perjalanan masih panjang nih masih pagi langsung lanjut ke perjalanan berikutnya perjalana ke pantai Bajulmati sektor 2….

Mau promo travelnya bisa mampir ke link ini https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/

%d blogger menyukai ini: