Tag Archive: Island



IMG_5099

Yup cerita perjalanan Sueto dilanjutkan lagi kali ini kami sueto tim pergi ke pulau sempu. Dari judulnya gelombang 2 berarti ada cerita perjalanan gelombang 1 tapi karena pingin posting gelombang 2 dulu ya sudahlah..Touring sueto gelombang 2 ini dilaksanakan bulan November 2012 sebetulnya keinginan ke Pulau Sempu termasuk Cagar Alam yang terletak di kabupaten Malang di wilayah pantai Sendang Biru ini sudah lama niatnya cuman baru dapat terlaksana di bulan November 2012 padahal rencananya sudah dari 2009 tapi akhirnya kesampaian juga alhamdulillah…

Kali peran utamanya adalah Bocel Sueto yup salah satu anggota sueto beranggotakan 6 orang kami pun berangkat dari surabaya minggu  pagi pukul jam 01.00 WIB langsung di trek sampe Malang yah karena jalannya sepi jadi santa-santai saja jalannya sampe di turen sudah sekitar jam 03.00 saja. Akhirnya kami berhenti sejenak untuk ngepom dan   beli nasi jagung kelihatannya nih anak-anak belum pada makan semua. Sesampainya di pantai Sendang Biru sekitar jam 04.15 langsung dilanjutkan shubuh dan istirahat untuk mengambil ancang-ancang ke sempu tapi waktu itu kepagian dan kapal masih karam jadi tunggu sebentar sampai ombak agak pasang.

Untuk kesempu kita harus bayar perizinan seharga 20ribu rupiah terus ditunjukkin ke nelayan pengantar nah untuk tarif menyeberang ini Rp100.000,- pokoknya PP terserah dengan tujuan manapun danau lele atau segara anakan. Kamipun memilih untuk  ke segara anakan saja. Yap mulai dari sini kamipun lupa membawa persedian air yang cukup buat 6 orang kalau treknya dari pantai kami diturunkan ke segara anakan masih jauh yah sekitar 1 jam perjalanan lah…Jadi ya dihemat-hemat saja airnya kebetulan memang cuaca waktu itu sangat terik.

Menyusuri wilayah hutan sebenarnya banyak jalan bercabang saat menuju ke segara anakan tapi karena sudah faham trek arah segara anakan akhirnya ya gak kesasar dan aman-aman saja meskipun jalannya sedikit berlumpur. Saat perjalanan kamipun banyak bertemu rombongan lain yah memang kawasan sempu ini sudah sangat terkenal di Indonesia karena cepatnya perkembangan informasi zaman sekarang jadi saat kami berada di segara anakan suasananya ya seperti taman bermain waterpark cuman kali ini nuansanya alam asli jadi lebih alami…Yup sesi foto-foto gak akan pernah terlewatkan disini..Oh iya kalau pagi matahari belum menyinari permukaan air tamapak segara anakan ini biasa saja seperti danau pada umumnya tetapi setelah agak siangan suasana memang menjadi indah dan menjadi khas segara anakan pulau sempu.

IMG_5092

IMG_5104

 

IMG_5111

IMG-20121118-00033

 

IMG_5146

 

IMG_5245

 

IMG_5267

IMG_5417

IMG_5431

 

IMG_5464

IMG_5468

IMG_5480

IMG_5482

IMG_5488

IMG_5492

IMG_5493

IMG_5506

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah setelah merasa puas dan terasa panas terus kehabisan air kamipun akhirnya memustuskan kembali ke dermaga tempat kami dijemput oleh nelayan sebelumnya. Wah perjalanan kian terasa tanpa air tapi dengan semangat yang menggebu-gebu menginginkan air minum di pantai sempu kami pun berusaha sekuat tenaga hahaha…akhirnya sampai juga terus dijemput deh sekembalinya dari pulau sempu dan saat sampai di pantai sendang biru kami pun langsung bergegas menyegarkan dahaga yang haus akan air…Setelah itu kami langsung check out untuk kembali ke surabaya karena nantinya bakal di hadang macet berkepanjangan dari Malang kota sampai Lawang meski suasana mendung untung hujannya juga tidak deras..Akhirnya sampai Sidoarjo sekitar jam 5 sore menjelang magrib…

Yap kesan-kesannya Pulau Sempu itu bagi kami sangat indah dan masih indah sayang saat perjalanan menuju segara anakan masih banyak sampah plastik berkeliaran…Yah beginilah kalau tempat bagus tapi sudah ramai pengunjung beda halnya saat masih sepi dan alami…saya tak tahu kenapa orang-orang ini tidak peduli terhadap lingkungan katanya banyak yang mengaku pecinta alam tapi membuang sampah plastik sembarangan di tempat cagar alam seperti pulau sempu..Ya pesan kami kalu mau membuang sampah plastik yang tidak bisa di urai tanah sebaiknya disimpan sampahnya sampai ke pantai sendang biru baru di buang sabarlah sedikit hei kawan-kawan untuk lebih mencintai lingkungan dan alam Indonesia yang seperti surga kecil ini….Kemudian tarif surat izin penyeberangan pada saat kami pertama kali ke pantai sendang  tahun 2009 itu masih sekitar Rp 2000,- sekarang sudah Rp 20.000,-??wow naiknya 10x..belum ditambah biaya parkir kendaraan Rp 2000,- ditambah biasa masuk sendang biru Rp 6000,-/kendaraan ditambah biaya menyebrang ke Sempu Rp 100.000,- termasuk hitungan traveller yang tidak murah.

Ada baiknya fasilitas terus diperbaiki termasuk tempat pembuangan sampah yang jelas agar lingkungan juga tampak lebih bersih dan tidak mengecewakan kalau ingin dapat pemasukan lebih…karena wisatawanlah termasuk salah satu faktoryang  akan menunjang sektor perekonomian di pantai sedang biru kalau tempatnya sudah jelek terus sepi toh juga merugikan bagi kedua belah pihak..wisatawan yang pernah datang tak akan tertarik untuk datang lagi..Begitu juga dengan wisatawan kemanapun kalian berada selalu junjung yang namanya GREEN TOUR untuk kelestarian alam bersama.

Terima kasih semoga Sueto terus bisa menjelajah alam Indonesia!salam wildlife!

Mau promo travelnya bisa mampir ke link ini https://suetoclub.wordpress.com/2013/11/27/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2013/

Iklan

Ada apa 1-11-2011?yah memang karena ada yang mau di posting Sueto tentang cerita perjalanan dong….Kali kami akan bercerita tentang perjalanan ke Karimun Jawa.. Sedikit tentang Karimun Jawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten JeparaJawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan MuriaLegenda itu berkisah tentang Sunan Muriayang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun” maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun. EKOSISTEM Sejak tanggal 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putihpenyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus. GEOGRAFIS Karimunjawa terletak di Laut Utara, utara JeparaJawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau:

  • Yang berpenghuni:
    • Karimunjawa
    • Kemujan
    • Nyamuk
    • Parang
    • Genting
  • Yang tidak berpenghuni:
    • Menjangan Besar
    • Menjangan Kecil
    • Cemara Besar
    • Cemara Kecil
    • Geleyang (30 ha)
    • Burung
    • Bengkoang (92 ha)
    • Kembar (11,2 ha)
    • Katang (2,8 ha)
    • Krakal Besar (2,8 ha)
    • Krakal Kecil (2,8 ha)
    • Sintok
    • Mrican
    • Tengah
    • Pinggir
    • Cilik
    • Gundul
    • Seruni
    • Tambangan
    • Cendekian
    • Kumbang (8,8 ha)
    • Mencawakan (atau Menyawakan).

PENDUDUK

Karimunjawa berpenduduk lebih dari 8.000 jiwa di lima pulau yang berpenghuni. Tiga suku utama yang menghuni Karimunjawa adalah suku Jawa yang bertani dan memproduksi alat kebutuhan rumah tangga, suku Bugis yang adalah pelaut andal sehingga berprofesi sebagai nelayan, dan suku Madura yang juga berprofesi sebagai nelayan tetapi memiliki kelebihan membuat ikan kering.

Pendidikan di Karimunjawa sudah menjangkau sampai tingkat SMU. Selain memiliki sekitar 10 SD (lima di Karimun, tiga di Kemujan dan masing-masing satu di Parang dan Genting),Karimunjawa juga memiliki satu SMPMadrasah Tsanawiyah (MTs), dan SMK Negeri jurusan Budidaya Rumput Laut serta Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan yang merupakan sekolah gratis, serta satu Madrasah Aliyah di Kemujan.

Nah Kami melakukan perjalanan 7 orang dari Surabaya dengan menggunakan transport sendiri, berangkat sekitar jam 10 malam lah menuju pelabuhan di pantai Kartini Jepara dengan menggunakan salah satu jasa perjalanan di Karimun Jawa dalam perjalanan ke Jepara melewati jalur Pantura yang kalau malam macet sekali sama truk-truk besar jadi jadi berapa lama perjalanan tidak bisa diprediksi tapi normalnya sih SBY-JPR 6jam..nyampe Jepara sekitar jam 3-4lah masih muter2 kota dulu cari bekal kemudian langsung menuju dermaga kartini….Di dermaga Kartini ternyata sudah rame orang-orang mau liburan ke Karimun semua  padahal masih subuh akhirnya sambil menunggu kapal ferry muria yang berangkat dari dermaga kartini ke Karimun sekitar jam 7 pagi kami pun ISHOMA g lupa juga nonton moto GP di warung setelah buang waktu sampai kapal ferry dateng karena kami sudah dipesankan tiket kami langsung ke menuju kapal ferry sebelumnya parkir mobil dulu Rp60ribu di penitipan mobil dermaga untuk ninggal mobil 4Hari3Mlm kelihatannya mahal banget ya…perlu diketahui juga pada waktu itu warga sekitar yang menuju Karimun juga sangat banyak antri tiket naik ferrynya juga antri banget banyak warga juga yang kehabisan tiket juga mesti nunggu kapal Muria balik dari Karimun wong kapal ferrynya juga cuman satu dan feery muria ini termasuk ferry kecil bukan ferry besar seperti penyeberangan ferry Jawa-Bali atau  Jawa-Sumatra. Saat di kapal kami singgah di kelas ekonomi ya kelihatannya emang g ada bedanya dengan kelas VIP cuman kalu VIP ada ruang khusus gitu aja tapi yang penting siapa yang duluan dapet tempat duduk ya untungnya dapet…perjalanan naik kapal ferry selama 6jam sangat membosankan lo apalagi kalau mabuk laut werrr….ini memang kapalnya yang jalannya pelan banget..eh iya wisatawan asing juga banyak jugakok yang berlibur ke Karimun..perjalanan oh perjalanan sambil tidur tiba-tiba sudah nyampai dermaga Karimun Jawa…Yap pertama menikmati hidangan minum yang disediakan terus sambil nunggu jemputan ke Homestay foto-foto dululah

Setelah itu kami dijemput ke Homestay…nyampe dihomestay paling penting adalah melepas lelah selama 6 jam di kapal..mandi makan dll..Eh ternyata dapet temen baru di Homestay 2 orang satunya dari Jogja(Elisa Lubis) satunya dari Canada(Pascal). Perjalanan mengitari pulau dilakukan besok pagi jadi sorenya hari pertama kami mau cari sunset dan jalan-jalan pulau karimun ini…

Malemnya harinya habis makan ya megobrol2 dengan yang punya homestay sambil liat tokek yang lainnya mah pada capek eh klu nginep di homestay ini permalanmnya sekitar RP60-80ribu sekamar bisa muat 4-5 orang lumayan murahkok ya yang bagpackerskan bisa tidur dimana aja..eh lagi iseng2 foto tokek ha2 habis gitu paginya langsung lanjut foto sunrise…

Paginya sambil menunggu sarapan dan jemputan untuk berwisata ke pulau2 kami jalan2 dulu melihat suasana pagi di karimun lah g dapet sunrise tapi…

Setelah sarapan pagi kami langsung bergegas menuju perahu yang akan mengantar kami ke pulau2 di karimun untuk snorkling dll…hari ke 2 ini kami memilih diantar ke pulau Cilik, P.Cendekian, Gundul, Tengah dan P.Gosong perjalanannya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45menit tapi pada waktu pulang mungkin akan terasa lebih cepat…Pulau2nya bisa dilihat di peta Karimun jawa nih..

KARIMUN.jpg

Perjalanan mengitari sisi timur pulau Karimun bertujuan untuk melakukan snorkling di pulau pertama hmm ..pertama yang kami lihat pulau2 dikarimun jawa ini memang indah susasana tenang banget didukung laut jawa yang memang tidak seberapa beringas rasanya seperti dikepulauan hawai atau kuba belum pernah kesana sih tapi kan yang dilihat di TV2 sepeti itu…ha2..spot pertama snorkling pantainya terlalu dangkal dan banyak landak lautnya jadinya harus hati-hati dong…

Oh Iya jenis terumbu karang di Taman Nasional Karimunjawa merupakan terumbu karang pantai/tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef) dan beberapa taka (patch reef). Kekayaan jenisnya mencapai 51 genus, lebih dari 90 jenis karang keras dan 242 jenis ikan hias. Dua jenis biota yang dilindungi yaitu akar bahar/karang hitam (Antiphates spp.) dan karang merah (Tubipora musica).

Di pulau2 seperti cendekian terumbu karangnya sedikit tapi masih bagus untuk dilihat dan hati2 karena dangkal perhatikan pijakan kaki sehingga tidak merusak terumbu karang yang rapuh…Karena  Kerusakan ekosistem terumbu karang di Karimunjawa pernah berada pada posisi yang sangat parah karena perilaku tak ramah lingkungan. Beberapa di antaranya adalah penggunaan apotas, bahan peledak untuk menangkap ikan, selain pengambilan karang itu sendiri. Jika perilaku seperti ini bisa dihindarkan, upaya perbaikan ekosistem terumbu karang akan sangat terbantu. Intinya “Bagaimanapun, terumbu karang ibarat magnet yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Karimunjawa. Kalau rusak maka pesona itu akan hilang,”betulkan jadi seharusnya kita sebagai wisatawan juga ikut merawat terumbu karang yang ada…dimanapun kita berwisata inilah salah satu prinsip dari Geotourism.

lanjut ke pulau berikutnya untuk lunch dan sekedar main-main dipantai menikmati pulau Karimun dari pulau tengah logikanya kalau dipantai gini g makan ikan sama es kelapa muda gitu memang sip…ada penangkaran hiu juga di pulau ini sebelum ke pulau Gosong nyantai-nyantai disini dululah…

Setelah selesai makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju pulau gosong….pulau gosong apa yang terbayang dipikiran anda?ternyata hanya pulau yang tidak ditumbuhi apapun hanya ada pasir pantai yang putih dan bagus dan memang akan membuat anda gosong kalau seharian anda berada disana tanpa memakai sunblock…tapi pulau ini dari kejauhan memang bagus…kalau kena cahaya seperti butiran mutiara yang berada diatas laut….Hmmm menikmati indahnya wajib foto2…Perlu diketahui ada beberapa P.Gosong di Karimun Jawa kalau anda sekalian waktu dikarimun jawa mau menghitamkan kulit mampir kesini saja..

Setelah bergosong-gosong dipulau gosong sorenya kami mampir ke penangkaran Hiu di pulau Menjangan besar  disini kami melihat hiu yang kelihatannya seram tapi ternyata adem ayem g takut kalau ada manusia….di pulau ini juga ada spesies yang dilingdungi dan terancam punah yaitu elang laut dada putih…di pulau Menjangan kecil juga ada penangkaran penyu kalau mau mampir dan lihat2..Setelah puas merasa capek kami kembali ke Homestay dan menunggu makan malam..

Sebelum tidur kami memang tidak ingin melewatkan malam di karimun jawa rugi dong…akhirnya kami punya rencana memancing di dermaga kebetulan bos memang membawa peralatan memancing…sipp berangkat memancing dengan bapak homestay kita ditunjukkan spot yang bagus saat malam hari memancing di karimun…Nah sementara Bos dan bapak memancing saya dan anak2 mau coba-coba ambil foto iseng deh…Sampai dapat ikan dan ngantuk lalu balik ke Homestay untuk perjalanan besok paginya..

Perjalanan dilanjutkan hari ke 3  paginya setelah sarapan kami menuju dermaga lagi untuk menjelajah pulau lagi kali ini kami akan mampir ke Nyamuk tapi sambil menuju pulau nyamuk kami mencoba snorkling lagi di sekitar pulau krakal besar dan kecil kali ini tempat snorkling memang agak dalam jadi bisa lebih aman dan detail yah sambil refresh sedikit lah sebelum makan siang di pulau nyamuk…

Setelah selesai snorkling kami langsung menuju pulau nyamuk untuk makan siang nah disini pulaunya memang semi gosong wilayah pantai besar tapi tumbuhan pantainya sedikit…sambil menikmati indahnya tempat ini main-main dulu lah wuih memang hari itu terik banget tapi panasnya sesara hilang saat melihat pemandangan2 indah disekitar kita..

Setelah makan siang kami langsung menuju daerah pulau gosong lagi untuk memuaskan dahaga snorkling terakhir..tapi waktu itu malah kami manfaatkan untuk mancing ikan terus langsung menuju pantai barat paling ujung di pulau Karimun untuk melepas lelah sebelum kembali ke dermaga untuk perispan pulang besok paginya…Mungkin ada pulau yang belum sempat kami kunjungi jika anda sekalian mampir ke karimun jawa ini bisa jadi alternatif yaitu Di sekitar Pulau Kemujan terdapat bangkai kapal Panama INDONO yang tenggelam pada tahun 1955, dimana pada saat ini menjadi habitat ikan karang dan cocok untuk lokasi penyelaman (wreck diving). Terus ada atraksi budaya di luar taman nasional yaitu Festival Durian dan Lomban pada bulan Januari/Maret di Jepara. Sampai dermaga kami pulang langsung persiapan untuk besok pulang terus malamnya langsung tertidur kelihatannya anak2 begitu kecapekan malamnya niatan mancing jadi gagal tapi tak apalah..yang penting sudah asiik lagian waktu malam itu cuacanya tidak mendukung sedikit badai..Paginya kami pulang kali ini kami berangkat kesiangan sehingga tidak mendapatkan bangku penumpang jadi kami naik keatas dek lantai 3 untuk menikmati perjalanan dari atas kapal….ha2..Yang penting nyampe SBY dengan selamat!

Musim kunjungan terbaik: bulan April s/d Oktober setiap tahunnya.

Perjalanan ke Karimun Jawa ini memang sangat berkesan bagi kami karena apa yang dapat kami peroleh dari pengalaman perjalanannya juga keindahan kepulauannya ciri khas Indonesia memang kami  berharap suatu saat bisa kembali kesini…Semoga keindahan Karimun Jawa tetap terjaga sampai tahun-tahun berikutnya..Bagi pembaca terimakasih juga telah membaca cerita perjalanan kami…Tunggu perjalanan-perjalanan menarik lainnya dari Sueto..

Berikut foto-foto saat perjalanan pulang

TRANSPORTASI

Transportasi paling umum digunakan untuk ke Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung EmasSemarang, kapal Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan 2-3 jam. Dari Pelabuhan Pantai Kartini,Jepara terdapat Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali,lama penyebrangan kapal ekonomi ini +/- 6 jam pelayaran. perlu diperhatikan untuk jadwal kapal dari pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari selasa,kamis,sabtu jam 9 pagi dan dari karimunjawa menuju jepara rabu,jumat,minggu jam 8 pagi. jadwal ini bisa berubah sesuai dengan cuaca atau ombak di laut jawa. seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayaran, dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca. Pelabuhan jepara juga bisa membawa Mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa. Jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad YaniSemarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Kadang sekali dalam seminggu (untuk sementara jalur penerbangan tersebut tidak diaktifkan).

Berikut link yang mungkin bisa anda gunakan sebagai jasa wisata ke Karimun Jawa  atau  bagpackersan juga lebih asik :

http://www.karimunjawa.net/

http://www.karimunjawa-islands.info/

http://www.facebook.com/pages/Karimun-Jawa-Murah/136638479697465

http://www.facebook.com/tourkarimunjawa

http://www.facebook.com/karimunjawa.backpacker

http://www.facebook.com/karimunjawatrip?ref=ts&sk=wall

http://www.facebook.com/profile.php?id=100001050761129 atau http://kampoengwisata88.blogspot.com/

Related articles

%d blogger menyukai ini: