Tag Archive: Shinee



SJCM0070_1

Salam wildlife!Tak henti-hentinya kami bercerita tentang perjalanan mengenai wisata-wisata indah di Indonesia dan masih di jawa timur untuk mengisi libur lebaran 2015. Kali ini dikatakan perjalanan yang berawal dari pulang mudik ke Jombang H+2 kami putuskan untuk melakukan penjelajahan ke daerah tulungagung, memilih area wisata dari beberapa wisata pantai yang bagus-bagus di kabupaten tersebut yaitu pantai patuk gebang karena kami tertarik dengan gebrosnya dan isu jalannya yang ekstrem.

Kami pun berangkat pagi sekitar jam 8. Berangkat 7 orang dan tersisa tinggal 5 orang haha..Karena banyak jalan yang bisa kami tempuh jadi berangkat dari Jombang bersama hanya sampai kota pare setelah itu kita pilih jalan masing-masing saya lewat arah Kelud melewati beberapa kecamatan, satu lagi melewati pare ambil arah kediri, yang satu lagi ini lewat jalur selatan blitar. Karena maklum jalanan waktu agak padet karena memang musim liburan serempak. Lihat di bawah ini jalurnya sekalian kami bisa membuat alternatif jalur mana yang enak ditempuh dari Surabaya-Jombang-Tulungagung

rute 1 rute 2 rute 3 sanggar

  • Track 1 dari Mojowarno-Bareng-Pare-Kediri-Badal-Keras-Tulungagung-Boyolangu(arah prigi)-Campur Darat-Desa Gamping-Tanggunggunung-Sanggar
  • Track 2 dari Mojowarno-Bareng-Pare-Djengkol-Wates-Wonodadi-Ngantru-Tulungagung-Boyolangu(arah prigi)-Campur Darat-Desa Gamping-Tanggunggunung-Sanggar
  • Track 3 dari Mojowarno-Bareng-Pare-Djengkol-Wates-Blitar-Rejotangun-Tulungagung-Boyolangu(arah prigi)-Campur Darat-Desa Gamping-Tanggunggunung-Sanggar

Kota demi kota kami lewati dan akhirnya sampai kecamatan terakhir yaitu Tanggunung mungkin singkatan dari gunung tanggung karena memang daerah ini banyak jajaran perbukitan tipikal daerah laut selatan. Saat itu kamipun baru tahu bahwa ternyata oh ternyata pantai patuk gebang itu jadi satu area dengan pantai sanggar dan pantai ngalur jika seperti itu adalah sebuah kebetulan.

Akhirnya tim penelusur bersatu kembali di pintu masuk pos penjagaan ke pantai sanggar tapi hanya 5 orang sisa 2orang ternyata belum sampai masih dimakam bungkarno(HAHAHA) yang akhirnya karena kesorean mereka putuskan untuk kembali karena ada keperluan urgent.

By the way HTM ke pantai Sanggar hanya ditarik sumbangan seiklhasnya. Selanjutnya masuk track yang sekiranya bisa di bilang offroad abis. Skutik boncengan bisa dibuat keteteran disini dan beneran si mio hitam pun overheat terlihat dari medan yang hanya setapak saja hanya bisa dilalui 1 sepeda motor saja dan jika berpapasan ya salah satu harus minggir dahulu. Ada beberapa tikungan yang sangat tajam dan di salah satunya kami berhenti sejenak untuk mendinginkan si mio hitam lebam ini. Berfoto dan berfikir sejenak dari pos masuk bila ingin jalan kakipun bakal terasa sangat jauh dengan jalan yang naik turun. Mungkin bagi sebagian backpacker ini cocok tapi bagi yang tidak berpengalaman mending ngojek saja, karena mobil jelas tidak bisa check in sampai pantai. Sekitar 4km kurang lebih tracknya untuk sampai ke pantai dan banyak anjing liar entah itu bersahabat atau tidak.

Saat perjalananpun ada jembatan rusak yang harus dibenahi karena memang jembatan itulah akses satu-satunya bagi kendaran yang akan ke pantai untung saja aliran air sedang kering jadi tak masalah.

Sampai pantai pertama yaitu pantai sanggar terlihat sudah ramai para pengunjung juga ada yang berkemah, kami langsung prepare memburu waktu menuju sebelah barat pantai sanggar yaitu pantai patuk gebang. Terlihat medannya melewati batu-batu karang kebetulan laut sedang surut waktu itu karena sudah sore kami sampai ke patuk gebang. Untuk melihat banyu gebros khas patuk gebang juga harus menanjak melewati perbukitan karang dan medannya benar-benar harus hati-hati terutama untuk perempuan, untungnya sudah disediakan tali tampar untuk mendaki tapi ya tetap be aware lo.

Sampai di tebing utama pemandangan bisa dikatakan cukup memuaskan karena kita bisa melihat landscape secara keseluruhan area pantai disini, terlihat sepanjang mata pantai sanggar dari kejauhan dan sebelah timur ada pantai ngalur yang masih bersih pasir pantainya seperti surga bagi para penjelajah  pantai. Beberapa kegiatan kami lakukan sambil menunggu momen banyugebros yang bagus .

Tak terasa waktu sudah berlarut malam mungkin kami jadi wisatawan yang paling malam waktu itu kecuali yang buka tenda,  sekitar jam 6 sore kami check out dari pantai melewati jalanan yang tadi semakin malam seru abis medannya benar-benar lebih menantang saat malam hari. Keluar dari kecamatan Tanggunggunung  perjalanan kami masih tersisa sekitar 3 jam lagi untuk sampai ke Mojowarno sembari pulang dengan kecepatan santai kami sempat mampir di alun-alun Tulungagung untuk dinner dan jam 10.40 kami sampai di Mojowarno siap istirahat untuk besoknya kembali ke Suarabaya. Semoga ceita ini bermanfaat terus bercerita terus berkarya yo kawan-kawan pembaca demi 100 hari keliling Indonesia!haha

Foto-foto :

SJCM0157 SJCM0118_1 SJCM0043 P_20150719_172533_HDR P_20150719_165233_HDR

11057224_921990887860770_1301626634836788298_n

11738040_921990991194093_5378973831692502843_n

11745714_1467540323564416_8495730755306674307_n

 

 

11750610_921990371194155_1798583951681815697_n

11752552_921990394527486_7180760894796132431_n

11811580_1474249999560115_6856888330983400861_n

P_20150719_162407_PN P_20150719_162426_MT P_20150719_160127_PN P_20150719_155507_PN P_20150719_150651_LL ngalur mtf_EmFzM_195 IMG_4254 IMG_4236 IMG_4231 IMG_4214 IMG_4211 IMG_4199 IMG_4188 IMG_4187 IMG_4181 IMG_4176 brum2

Berikut videonya :

Iklan

10888727_10202388090218386_3721856908862112600_n

Salam wildlife!Di penghujung tahun 2014 banyak kali hari libur ataupun cuti bersama  oleh karena itu kami sempatkan untuk menjelajah wisata ranu di daerah Probolinggo. Pada awalnya kami sueto tim selalu berfikir untuk menjelajah tempat-tempat yang memang masih alami dan pilihan destinasi touring saat itu akhirnya jatuh pada beberapa wisata ranu yang ada di kabupaten Probolinggo salah satunya ranu Agung di kecamatan Tiris. Perjalanan yang niat awalnya dilakukan pada malam hari akhirnya di tunda karena hujan deras dan dilanjutkan pagi harinya. Berangkat dengan 3 sepeda motor dari Surabaya jam 7 pagi dengan rute Suramadu-Aloha-Sidoarjo-Porong-Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Kraksaan-Tiris, sampai disana mungkin sekitar jam 10 an lebih. Jalan yang ditempuh sebenarnya mudah ikuti aja jalur arah Songa arum jeram terus ke arah selatan terus sampai masuk ke kecamatan Tiris dan anda akan menemui Plakat Ranu pertama yaitu Ranu Segaran..Pikirnya pada saat itu kami bakal mengunjungi Ranu Segaran pada saat kembali arah pulangnya..Akhirnya kami langsung menuju lokasi Ranu Agung nah kalau kesini anda harus doyan tanya kalau tidak ya jelas sesat dijalan kecuali anda-anda sekalian para touringer punya indra keenam..

Berikut petanya :

peta2

Lokasi masuk dari desa terakhir memang jalannya sangat sempit mungkin hanya bisa dilewati satu mobil saja dan tidak ada tiket masuk hanya membayar parkir seikhlasnya saja kepada penjaga warung setempat kemudian jika ingin ke pinggir ranu harus treking menuruni bukit gak jauh kok mungkin 600-700m saja kurang lebih..

Nah sesampainya di ranu pada waktu itu mungkin saat liburan ada beberapa wisatawan 1 keluarga dan orang-orang camping satu tenda saja dan ketiga kelompok kami jadi terlihat sangat sepi dan memang indah ranu nya airnya yang hijau dan tenang membuat kami betul-betul langsung bersahabat dengan ranu ini tak terkesan aura mistisnya malah ditutupi dengan keindahan dinding batu  yang menjadi keistimewaan Ranu Agung ini dari ranu-ranu lainnya. Bagiku Ranu Agung ini benar-benar istimewa mungkin bisa dikategorikan Ranu Agung ini dari salah satu ranu yang terbaik bahkan di Indonesia dan tetunya tak kalah istimewa dengan Ranu Kumbolo yang sudah terkenal mendunia itu opini pribadi tapi setiap orang yang datang ke Ranu Agung pasti merasakannya. J

Meskipun susasana hari itu tak cukup cerah dan sedikit mendung kami pun tetap tergoda bermain air dan getek yang memang tersedia secara gratis disana ya..mungkin kalau lagi ramai pengunjung harus gantian atau kalau anda kreatif anda memungkinkan bisa bikin getek sendiri disana..Mengayungkan bambu untuk menjalankan getek sampai ketengah danau dengan ketenangan khas Ranu agung benar-benar membuat hati ini tentram dan bakal selalu kangen dateng ketempat ini 🙂 Tempat ini juga cucok dibuat foto prewed..hehe

Foto-foto :

9494_10202388002656197_2159162345092892547_n 1464051_10202388650592395_9100017322549646531_n 1472812_10202388005136259_8965559535489142350_n 1800464_10202388654312488_5106690331492557381_n 10264941_10202388318144084_1408766665397472268_n 10307203_10202389281128158_5184555100974231388_n 10329045_10202388649472367_1486915901834373021_n 10393847_10202390438157083_3683624013268463633_n 10418905_10202388657752574_5107948296602339466_n 10420354_10202388059097608_7530705989211959497_n 10885318_10202387946934804_5675625766575350419_n 10882199_10202388056137534_1528837067347388256_n 10710533_10202388653272462_7117866236882322689_n 10676119_10202390996091031_7308352597932763945_n

Akhirnya tak terasa hari pun sudah mulai sore dan hujan deras pun mengguyur padahal kami belum selesai sesi foto-fotonya, kamipun bergegas naik ke tempat parkiran di atas sambil menunggu di pos berharap hujan reda tapi apadaya hujan semakin merata dan semakin lebat..Akhirnya kami putuskan untuk langsung kembali ke Surabaya sore itu juga..

Sebenarnya sungguh menyesal kami tidak bisa mengunjungi ranu-ranu lainnya misal seperti RANU Segaran, Ranu Merah, Ranu Tlogoargo, Ranu jangkang bahkan kebun teh diatas bukit yang mengarah ke Selatan G. Argupuro  tapi itu menjadi motivasi kami untuk nantinya kembali ke sini lagi..hehe

Oh iya karena tempat-tempat ini masih asri jangan kotori dengan sampah-sampah plastik justru kalau ada sampah plastik dipungut dan dibuang sayangkan ini wisata kita di Jawa Timur dan Indonesia yang sangat indah untuk juga dinikmati oleh anak cucu kita kelak dikemudian hari Je..

Selamat bertemu di perjalanan menjelajah berikutnya bersama Suetotim, terima kasih juga para pembaca yang terhomat untuk setia selalu memantengi blog kami.

landscape


IMG_2865

Salam wildlife!Sudah lama tidak mampir ke kawah ijen mungkin sudah 4-5 tahun lalu…Nah kebetulan  kali ini suetoclub ada jadwal lagi ke kawah ijen tpi khusus untuk mengunjungi Azura(api biru) kayaknya baru diterkenal dijagat blogsphere sekitar tahun 2005.. Yap salah satu wisata unik di jawatimur!kenapa disebut unik ya karena hanya ada di jawatimur pulau jawa dan di Indonesia.

Azura sendiri adalah salah satu anak dari raja ozai dan adik dari pangeran Zuko. Raja Ozai dikenal dengan sifat jahatnya dan tamak pada zaman dahulu. Sehingga Azura pun ngikuti sifat ayahnya ini beda dengan kakanya Zuko yang mewarisi kebaikan dan kelembutan ibunya. Pada suatu waktu peperanganpun dimulai dan masa kejayaan raja Ozai pun mulai berakhir dikarenakan munculnya Avatar seorang anak penyelamat kerajaan menuju kedamaian yang kekuatannya diwariskan oleh dewa secara turun-menurun dibantu dengan pangeran Zuko, raja Ozaipun mampu dikalahkan dan kerajaan api dapat diambil alih sejak itulah Azura yang telah kalah perang menghilang dan bersembunyi  di bali reruntuhan gunung ijen sehingga sekarang disebut “BlueFire”!!hahaha….Eitts kok jadi kemana-mana begini saya luruskan saja apa itu blue fire.

Menurut Bambang Heri Purwanto Selaku ahli gunung api dan badan geologi ciri khas blue fire terjadi karena kadar belerang di kawah ijen sangat tinggi dan blue fire terjadi karena terbakarnya belerang tersebut. Tingkat keasaman belerang di ijen pun sangat keras dengan kadar pH(potential Hidrogen) 0,5. Blue fire sendiri terjadi karena lubang solfatara memiliki temperatur sangat panas yaitu 600derajat celcius dan membakar belerang yang ada di lubang tersebut. Sebelum menjadi abu pembakarang belerang tersebut menghasilkan api biru yang benar-benar biru karena dipengaruhi oleh titik cair belerang yang berkisar antara 160-180 derajat celcius dan berada di bawah angka solfatara. Solfatara mengandung asam sulfat dan air yang tinggi serta sangat berbahaya sehingga dapat mengakibatkan orang tak sadarkan diri bila menghirup asap belerang tersebut dan juga dapat menyebabkan kematian bila terlalu lama menghirup asam tersebut. (sumber : http://hmjfngetop.blogspot.com/2013/11/blue-fire-si-cantik-yang-membahayakan.html)

Perjalanan kami mulai dari Surabaya berangkat orang 4 sekitar jam 5 sore melewati rute Surabaya-Sidoarjo-Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Paiton-Besuki-Bondowoso-Wonosari-Sukosari-Sempol-Patulding-Ijen. Nah dalam perjalanan ini kami sempat istirahat di Pasuruan sekitar jam 7 kemudian perjalanan dilanjutkan. Sampai di alun-alun kota Bondowoso kami kesasar!maklum sudah lama tidak ke Ijen lupa jalan dan akhirnya kami lewat telagasari berkutat-kutat dihutan tanya orang sana-sini, mencegat orang dikira preman malahan, mampir dirumah penduduk dapet wejangan kopi tertipu pohon beringin dan blusukan ambil jalan alternatif karena ada beberapa jalan kampung yang ditutup..hehe namanya juga sueto klu gak extreme gk seru perjalanannya dan akhirnya kami ketemu jalan sebenarnya yaitu jalan mulus ke pos pertama meneuju Patulding!sampai sekitar jam 1 kurang di tempat parkir pendakian. Pos masuk sekarang sudah tidak seperti dahulu sekarang masuk saja harus melewati 3 pos yang tiap pos masing-masing membayar 10ribu jadi kalau ada 3 pos ya 15-30 belum termasuk tiket pendakian 10ribu tapi gak papa karena memang tempatnya sudah ramai sekali dan penduduk lokal ramah lebih baik lah dari pada di bromo yang sudah terlalu dikomersialkan dan pendudukbromo(meskipun tidak semua) juga orientasi terhadap uangnya daripada ikhlasnya tinggi toleransi untuk wisatawan lokal juga kurang..

Akhirnya jam 1 lebih mungkin setengah 2 pagi dini hari kami mulai start tracking pendakian 3 km sdah 1 jam saja kami lewati dan tiba-tiba sudah di bibir kawah kebetulan cuaca saat itu benar-benar mendukung cerah dan tak seberapa dingin kami langsung ambil view spot dokumentasi yang paling bagus sembari menunggu subuh datang dan sekita jam 5 pagi kami sudah turun dan sampai di tempat parkir . Istirahat 2 jam jam 7 pagi kami pun langsung cabut dan kembali ke surabaya dan sampai Sidoarjo sekitar jam setengah 1siang lebih karena memang besoknya senin sudah langsung menjalani rutinitas lagi. (Perjalanan ini dijadwalkan berangkat sabtu sore dan minggu pagi sudah pulang dari kawah ijen) untuk wisata kebon kopi dan kawah wurung mungkin lain kali bisa kami posting bila ada kesempatan mengunjungi  kawasan gunung ijen lagi misalnya jampit dan kawah wurung 🙂 J…

Berikut Dokumentasinya :

IMG_2810 IMG_2819 IMG_2821 IMG_2822 IMG_2823 IMG_2824 IMG_2833 IMG_2835 IMG_2850 IMG_2859

Terimakasih!

Cerita Gurau Waktu di Mcd


Cerita ini cuman cerita celetukan senda gurau hasil ide kreatif dalam pikiran kami dan tiba saat kami bertiga adit, hilmy ngopi di Mcd. Pada saat itu malam hari sekitar jam 21.30 kami bertiga asyik  bercerita  ada gerombolan cewek menor dateng membawa koper besar-besar berwarna  merah kami pikir warga yang mengungsi kan akhir-akhir ini banyak kebakaran dimana-mana hahaha…

Eh…tiba-tiba ada seseorang bule masuk terburu-buru ke Mcd sambil memegangi dompetnya potongannya  mirip pemain sepak bola indo yg pacarnya nikita willy itu loh katanya..

Kemudian tiba-tiba si cowok dipanggil gerombolan si cewek tadi  dengan kata MIKE…MIKE…sini dahulu kenapa yah kami berfikir..setelah itu si gerombolan cewek maju duluan masuk  ke Mcd dan sibule tadi sok bermain hp dibelakang..Hmm kelihatannya nih bule katrok ya dan sok gengsi loh kenapa?kata salah satu orang temenku…Itulo bule tadi dipanggil gerombolan cewek dengan tiba-tiba kelihatannya si bule lupa bawa duit kali dipikir makan di Mcd gak bayar…makannya tuh bule langsung sok pura-pura main hp dibelakang.

Waktu mesen tuh bule hampir buat malu para gerombolan cewek-cewek masak di Mcd  minta pesen ote-ote makanan khas jatim yang pakai petis itu..hahaha ya jelas lah bule itu gak punya duit masak mau pesen ote-ote di Mcd wong duitnya cuman seribu rupiah sambil pasang status tuh bule di fb masak di Mcd gak ada ote-ote yang harganya seribuan..langsung cemberut tuh bule yang paling parah tempat ngambil saus dikira tempat ngambil petes hahaha..payah nih orang!Kami juga melihat kenapa sang pramuria di Mcd itu kewalahan ternyata si Mike berbicara krama inggil waktu memesan makanan makanya butuh pramuria translator yang ahli bahasa krama inggil jadi susah untuk diterjemahkan(kami kira bahasa inggrisan kenapa gak inggris timur aja sekalian!hahaah)

setelah denger-denger cerita temen-temen gerombolan cewek-cewek bule itu ternyata orang jember asal pulau nusa barong..hahah kami langsung ngakak!hahahaa..ketawa lepas(kami berfikir kenapa gak sekalian aja lahirnya dari batu seperti kera tumpay mungsuhnya kera sakti)hahaha…

Tapi sang pacar hebatnya begitu perhatian karena kasihan dengan si Mike ini karena sering di aniaya oleh bapaknya camat di kampung halamannya pada saat Mike ingin mengurus KTP di kecamatan panggilan pacarnya ini ke bapak camat adalah Paduka kami langsung berfikir seperti film-film di Indosiar itu lak’aan..hahah karena Mike orangnya pantang menyerah dan tidak sering patah arang makanya si Mike sekarang punya banyak pekerjaan tingkatannya itu sejenis helper di kantor-kator jadi dia sering di panggil-panggil perusahaan sana-sini namanya juga helper..hahah!apalagi kalau ada pilkada atau partai-partai kampanye sering dapet job sana-sini Mike misalnya sperti mendirikan spanduk dan  tempel poster lumayan bayarannya 5ribu sampe 10ribu rupiah perpartisipasi jadi semakin banyak partai kelihatannya Mike jadi semakin untung nih ceritanya..hahaha!

Tapi Mike sendiri punya pekerjaan tetap yaitu sebagai tukang las bengkel motor deket rumahnya yang sekarang(tidur bengkel maksutnya). di Pekerjaannya yang tetap ini Mike sangat senang sekali mengelas apapun di welding katanya dari besi, aluminium, baja, kursi, meja, tembok (LOHkok tembok?)kami kaget mungkin karena Mike ini tipikal orang kerja keras jadi g bisa dia itu kalau pengangguran kata pacarnya…Oh begitu toh hahaha!Bajunya Mike itupun masih basah keringat dalemnya jelas akhirnya kami percaya bahwa Mike itu habis dari bengkel, kata Mike ada temennya sebengkel yang mau minjemin hem sama celana jin buat jalan-jalan malam ini kalau enggak saya bisa pakai celana koloron sama kaos singlet inginnya sih beli baju langsung di mall tapi berhubung mall nya sudah tutup jadi kita mampir aja beli makanan. Oh begitu toh ceritanya…

Nama kepanjangan Mike sendiri adalah Mike Sikode(langsungnya mengingatkan kami sama seseorang?).

Tiba-tiba itu Mike mengentuk dia tidak cocok sama saus Mcd itu karena  biasanya Mike ini sausnya petes kalau lagi maem ote-ote atau tahu isi. Jadinya si gerombolan cewek itu tadi menjauh dan pura-pura kebelakang hanya pacar Mike yang tahan dengan kentutnya itu karena ditutupi oleh rasa cinta yang berlebihan.

Kemudian si gerombolan cewek itu berbincang ke sesamanya…begini sebenarnya tadi kita tidak mengajak Mike untuk ikutkan hanya pacarnya si D saja tapi kenapa Mike bisa ikut sih kata si A?si B menjawab ini pasti gara-gara si C dibengkel tadi kamu bilang mau cari maem ke MC dengernya Mike waktu  ngelaskan akhirnya jadi dikira kalian ngajak dia wong ejaan katanya sama, si C bilang iya-yah mungkin nah kita kan sungkan sama si D, si E nyeletuk tahu gitu kamu g usah e iyain ngajak masak tuh dia ke Mcd gak bawa uang cuman seribu rupiah lagi dia pikir ke warung apa beli ote-ote doang udah bahasa krama inggil lagi kita jadi agak ribet ngomongnya. hahah!

Ternyata usut punya usut gerombolan cewek-cewek tadi itu ke bengkel Mike mau ngelasin sepeda lipat yang patah tapi mau ngajak makan ceweknya Mike doang eh ternyata salah omong sama Mike  makanya mereka bawa koper besar-besar isinya sepeda lipat toh ternyata…hahaha(Kami berfikir oh ternyata begini toh  kejadiananya berarti Mike tuh hidupnya gengsian suka kerja keras dan cuman mau cari KTP karena kurang diakui sama warga sekitar hahaha…)

Karena sudah malam akhirnya kami bertiga kembali ke parkiran dan pulang..hahaaha..yup tunggu cerita-cerita lainnya aja deh dari Sueto..salam wild life!


Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini, sebuah pedagang kaki lima yang laris manis dengan menu andalannya yakni bebek goreng.

Bebek yang berada di sekitar Tugu Pahlawan ini juga dikenal dengan Nasi Bebek Tembaan, yang memang lokasinya ada di jalan Tembaan Surabaya atau di depan BCA KC Tembaan. Tenda warung ini dibuka mulai jam 18.00 wib, lebih dari jam 22.00 wib jangan harap bisa menikmati sajian nasi bebeknya, biasanya sudah laris manis oleh pembeli.

Meskipun di sini hanya menjual bebek saja, namun ada beberapa macam yang bisa dijadikan pilihan seperti,  Bebek Goreng Paha Super, Paha biasa, Dada Super, Dada Biasa, sampai Jeroan juga tersedia. Untuk minuman bisa memesan es teh dan es kelapa muda. Satu porsi bebek plus nasi dihargai mulai Rp 9.000 – Rp 12.000 an, ditambah dengan serundeng diatasnya serta sambal dengan pilihan ada yang sedikit manis dan satunya pedas.

Karena lokasinya tidak begitu luas, area parkir yang disediakan juga terbatas, jadi pengendara baik roda dua dan empat bisa memarkir kendaraannya di pinggir jalan.

Nasi Bebek Tugu Pahlawan
Jl Tembaan, Surabaya

(Surabaya, City Guide)
2011-05-31-169-Nasi Bebek Tugu Pahlawan

Heroic Monument, Surabaya, Indonesia. Bahasa I...

Heroic Monument, Surabaya, Indonesia. Bahasa Indonesia: Tugu Pahlawan (Photo credit: Wikipedia)


Apa itu EURO EMISSION STANDARD (EUS)

Standar Emisi Eropa mengatur batas batas yg diperbolehkan dari kandungan gas buang dari kendaraan kendaran baru yg dijual di negara2 Eurpean Union (EU). Standar emisi itu diatur secara bertahap dan secara progressive diapplikasikan semakin ketat.

Pada saat ini kadar emisi yg diatur adalah Nitogen Oxide (Nox, Total hydrocarbon (THC), Non-methane hydrocarbon (NMHC), carbon Monoxide (CO) dan partikel lainnya (PM) pada hampir semua jenis kendaraan, termasuk mobil, truk, kereta api, traktor (atau alat berat lainnya), tongkang, namun tidak termasuk didalamnya Kapal Laut (seagoing ship) dan pesawat udara.
Setiap jenis kendaraan berlaku standard yg berbeda. Apakah kendaraan memenuhi standard ditentukan dengan menjalankan mesin dg urutan test yg telah diatur didalam EUS.  Kendaraan yg tidak memenuhi persyaratan standard tidak boleh dijual di negara EU, tapi standard tersebut tidak berlaku pada kendaraan yg telah ada sebelum peraturan berlaku.
Tidak ada aturan khusus yg mengharuskan dipakainya sebuah tehnology yg specific untuk memenuhi EUS. Model kendaraan yg baru harus memenuhi standard yg sedang berlaku atau standard yg akan di berlakuakan yang akan datang, namun model dg revisi yg berlifecycle pendek juga diakomodasi ole EUS pada engine2 yg sebelumnya sudah comply dg peraturan yg berlaku.

CO2 emission

Dalam Uni Eropa, transportasi kendaraan bertanggung jawab atas sekitar 20% dari semua emisi CO2, dengan mobil penumpang memberikan kontribusi sekitar 12%. Target ditetapkan pada Protokol Kyoto adalah pengurangan 8% emisi di semuasektor ekonomi dibandingkan dengan tingkat 1990 pada 2008-2012.
Emisi CO2 dari transportasi relatif telah meningkat pesat dalam beberapa tahunterakhir, dari 21% dari total tahun 1990 menjadi 28% pada tahun 2004, namun saat ini tidak ada standar untuk batas pada emisi CO2 dari kendaraan. Emisi CO2 transportasi Uni Eropa  saat ini mencapai sekitar 3,5% dari total emisi CO2 global.

Obligatory labelling

Tujuan dari Petunjuk 1999/94/EC dari Parlemen Eropa dan Dewan 13 Desember 1999 yang berkaitan dengan ketersediaan informasi konsumen pada ekonomi bahan bakar dan emisi CO2 sehubungan dengan pemasaran mobil penumpangbaru adalah untuk memastikan bahwa informasi yang berkaitan dengan ekonomi bahan bakar dan emisi CO2 dari mobil penumpang baru yang ditawarkan untuk dijual atausewa di Masyarakat dibuat tersedia bagi konsumen untuk memungkinkan konsumen untuk membuat pilihan informasi.

Mulanya di Inggris, pendekatan awal dianggap tidak efektif. Cara informasi disampaikanterlalu rumit bagi konsumen untuk mengerti. Akibatnya, produsen mobil di Inggrissecara sukarela setuju untuk menempatkan lebih “userfriendly,” warna-kodelabel menampilkan emisi CO2 pada semua mobil baru dimulai pada bulan September 2005, dengan surat dari A (<100 CO2 g / km ) ke F (186 + CO2 g / km).Tujuan dari “label hijau” baru adalah untuk memberikan konsumen informasi yang jelas tentang kinerja lingkungan dari kendaraan yang berbeda.

Uni Eropa lainnya negara-negara anggota juga dalam proses memperkenalkanramah userfriendly label.

TAHAPAN PEMBERLAKUAN ATURAN
Tahapan applikasi dari pengaturan emisi gas buang biasanya dikenal sbb:
Untuk kendaran ringan (Light Duty): EURO 1, EURO 2, EURO 3, EURO 4 dan EURO 5 (pakai angka latin)
Untuk kendaraan berat (Heavy Duty): EURO I, EURO II, EURO III, EURO IV dan EURO V (pakai angka romawi)

DASAR HUKUM dan TAHUN PEMBERLAKUAN
* Euro 1 (1993):
o Kendaraan penumpang – 91/441/EEC.[ 12]
o Kendaraan penumpang and truk ringan – 93/59/EEC.
* Euro 2 (1996) Kendaraan Penumpang – 94/12/EC (& 96/69/EC)
o Sepeda motor – 2002/51/EC (row A)[13] – 2006/120/EC
* Euro 3 (2000) Semua jenis kendaraan – 98/69/EC[14]
o Sepeda Motor – 2002/51/EC (row B)[15] – 2006/120/EC
* Euro 4 (2005) Semua Jenis kendaraan – 98/69/EC (& 2002/80/EC)
* Euro 5 (2008/9) and Euro 6 (2014) Kendaraan penumpang ringan dan kendaraan berat – 2007/715/EC

Di bidang bahan bakar, Directive 2001 Biofuels mensyaratkan bahwa 5,75% dari semua bahan bakar transportasi fosil (bensin dan diesel) harus diganti denganbiofuel pada 31 Desember 2010, dengan target antara dari 2% pada akhir 2005.Namun, Parlemen Eropa telah sejak memutuskan untuk menurunkan target inisetelah bukti ilmiah baru tentang keberlanjutan biofuel dan dampak pada harga pangan. Dalam pemungutan suara di Strasbourg, komite lingkungan parlemen Eropamendukung rencana untuk mengekang target Uni Eropa untuk sumber terbarukan ditransportasi sampai 4% pada 2015. Mereka juga mengatakan bahwa tinjauan menyeluruh akan diperlukan pada 2015 sebelum Uni Eropa dapat berkembang menjadi  8-10% pada tahun 2020.

Emission standards for passenger cars

Standar emisi untuk mobil penumpang dan kendaraan komersial ringan dirangkumdalam tabel berikut. Sejak tahap Euro 2, Peraturan EU memperkenalkan batas emisiyang berbeda untuk kendaraan diesel dan bensin. Mesin diesel memiliki lebihstandar CO ketat tetapi diperbolehkan lebih tinggi emisi NOx. Bensin kendaraan bertenaga dibebaskan dari partikulat (PM) standar sampai tahap 4 Euro, namunkendaraan dengan mesin injeksi langsung akan dikenakan batas 0,005 g / km untuk Euro 5 dan Euro 6. Sejumlah partikel standar (P) atau (PN) adalah bagian dari Euro 5 dan 6, tetapi belum final. Standar tersebut harus didefinisikan sesegera mungkindan selambat-lambatnya pada saat berlakunya Euro 6.

Cold engines

Selama beberapa  menit saat setelah menghidupkan  mesin mobil yang belum dioperasikan selama beberapa jam, jumlah emisi sangat tinggi. Hal ini terjadi karena dua alasan utama:

1. Jika mesin pertama kali dihidupkan biasanya pada waktu pagi hari maka dinding dan bahan bakar masih dingin sehingga bahan bakar sulit menguap dan akan sulit membuat campuran bahan bakar. akhirnya timbulah campuran yang kelebihan bahan bakar saat pembakaran  dan  menghasilkan jumlah besar Hidrokarbon, Oksida Nitrogen dan Karbon monoksida.

Efeknya jika suhu dalam ruang bakar terlalu rendah maka jumlah PM nya akan meningkat dan jika suhu terlalu tinggi maka NOx nya yang akan meningkat.

Dalam mesin diesel, formasi unsur NOx sangat dipengaruhi oleh peningkatan suhu dalam ruang bakar. Maka daripada itu, penting dilakukan menjaga tingkat temperature ruang bakar pada posisi tertentu. Cara mudah untuk mengurangi kadar NOx adalah memperlambat timing semprotan bahan bakar, akan tetapi hal tersebut malah mengakibatkan borosnya bahan bakar sebesar 10-15%.

2. Konverter katalitik sangat tidak efisien ketika dingin. Ketika mesin dingin dimulai, dibutuhkan beberapa menit untuk konverter untuk mencapai suhu untuk beroperasi. Sebelum itu, gas yang jatuh langsung ke atmosfer. Ada banyak cara untuk mengurangi efek ini Menaruh  konverter lebih dekat ke mesin, Superinsulation,pemanas listrik, baterai termal, pemanasan awal reaksi kimia, pemanasan dan pembakaran

Lalu bagaimana caranya supaya PM nya rendah dan NOx nya juga rendah dengan tidak mengorbankan kemampuan mesin, lebih ekonomis bahan bakar dan lebih ramah kepada lingkungan?.

Beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan efisiensi pembakaran banyak macamnya yaitu dengan menggunakan bantuan computer, mengatur kesesuaian semprotan bahan bakar dan udara, menggunakan teknologi common rail dimana menggunakan tekanan yang sangat tinggi dan kesesuaian timing injeksi pada setiap putaran mesin, kepala silinder bermulti-klep dan lain-lain.

File:Euronorms Diesel.png

File:Euronorms Petrol.png

European emission standards for passenger cars (Category M*), g/km

Tier Date CO THC NMHC NOx HC+NOx PM P***
Diesel
Euro 1† July 1992 2.72 (3.16) 0.97 (1.13) 0.14 (0.18)
Euro 2 January 1996 1.0 0.7 0.08
Euro 3 January 2000 0.64 0.50 0.56 0.05
Euro 4 January 2005 0.50 0.25 0.30 0.025
Euro 5 September 2009 0.500 0.180 0.230 0.005
Euro 6 (future) September 2014 0.500 0.080 0.170 0.005
Petrol (Gasoline)
Euro 1† July 1992 2.72 (3.16) 0.97 (1.13)
Euro 2 January 1996 2.2 0.5
Euro 3 January 2000 2.3 0.20 0.15
Euro 4 January 2005 1.0 0.10 0.08
Euro 5 September 2009 1.000 0.100 0.068 0.060 0.005**
Euro 6 (future) September 2014 1.000 0.100 0.068 0.060 0.005**

European emission standards untuk light commercial vehicles ≤1305 kg (Category N1-I), g/km

Tier Date CO THC NMHC NOx HC+NOx PM P
Diesel
Euro 1 October 1994 2.72 0.97 0.14
Euro 2 January 1998 1.0 0.7 0.08
Euro 3 January 2000 0.64 0.50 0.56 0.05
Euro 4 January 2005 0.50 0.25 0.30 0.025
Euro 5 September 2009 0.500 0.180 0.230 0.005
Euro 6 (future) September 2014 0.500 0.080 0.170 0.005
Petrol (Gasoline)
Euro 1 October 1994 2.72 0.97
Euro 2 January 1998 2.2 0.5
Euro 3 January 2000 2.3 0.20 0.15
Euro 4 January 2005 1.0 0.10 0.08
Euro 5 September 2009 1.000 0.100 0.068 0.060 0.005*
Euro 6 (future) September 2014 1.000 0.100 0.068 0.060 0.005*
* hanya untuk direct injection engines


European emission standards untuk light commercial vehicles 1305 kg – 1760 kg (Category N1-II), g/km

Tier Date CO THC NMHC NOx HC+NOx PM P
Diesel
Euro 1 October 1994 5.17 1.4 0.19
Euro 2 January 1998 1.25 1.0 0.12
Euro 3 January 2001 0.80 0.65 0.72 0.07
Euro 4 January 2006 0.63 0.33 0.39 0.04
Euro 5 (future) September 2010 0.630 0.235 0.295 0.005
Euro 6 (future) September 2015 0.630 0.105 0.195 0.005
Petrol (Gasoline)
Euro 1 October 1994 5.17 1.4
Euro 2 January 1998 4.0 0.6
Euro 3 January 2001 4.17 0.25 0.18
Euro 4 January 2006 1.81 0.13 0.10
Euro 5 (future) September 2010 1.810 0.130 0.090 0.075 0.005*
Euro 6 (future) September 2015 1.810 0.130 0.090 0.075 0.005*
* hanya kendaraan dg  direct injection engines


European emission standards untuk light commercial vehicles >1760 kg max 3500 kg. (Category N1-III & N2), g/km

Tier Date CO THC NMHC NOx HC+NOx PM P
Diesel
Euro 1 October 1994 6.9 1.7 0.25
Euro 2 January 1998 1.5 1.2 0.17
Euro 3 January 2001 0.95 0.78 0.86 0.10
Euro 4 January 2006 0.74 0.39 0.46 0.06
Euro 5 (future) September 2010 0.740 0.280 0.350 0.005
Euro 6 (future) September 2015 0.740 0.125 0.215 0.005
Petrol (Gasoline)
Euro 1 October 1994 6.9 1.7
Euro 2 January 1998 5.0 0.7
Euro 3 January 2001 5.22 0.29 0.21
Euro 4 January 2006 2.27 0.16 0.11
Euro 5 (future) September 2010 2.270 0.160 0.108 0.082 0.005*
Euro 6 (future) September 2015 2.270 0.160 0.108 0.082 0.005*
* hanya untuk direct injection engines

EU Emission Standards untuk Heavy Duty Diesel Engines, g/kWh (smoke in m−1)

Tier Date Test cycle CO HC NOx PM Smoke
Euro I 1992, < 85 kW ECE R-49 4.5 1.1 8.0 0.612
1992, > 85 kW 4.5 1.1 8.0 0.36
Euro II October 1996 4.0 1.1 7.0 0.25
October 1998 4.0 1.1 7.0 0.15
Euro III October 1999 EEVs only ESC & ELR 1.0 0.25 2.0 0.02 0.15
October 2000 ESC & ELR 2.1 0.66 5.0 0.10
0.13*
0.8
Euro IV October 2005 1.5 0.46 3.5 0.02 0.5
Euro V October 2008 1.5 0.46 2.0 0.02 0.5
Euro VI January 2013 1.5 0.13 0.5 0.01
* untuk engines dg volume 0.75 dm³ per cylinder and a rated power speed of more than 3,000 per minute. EEV is “Enhanced environmentally friendly vehicle“.

Euro norm emissions for category N2, EDC, (2000 and up)
Standard Date CO (g/kWh) NOx (g/kWh) HC (g/kWh) PM (g/kWh)
Euro 0 1988-1992 12.3 15.8 2.6 none
Euro I 1992-1995 4.9 9.0 1.23 0.40
Euro II 1995-1999 4.0 7.0 1.1 0.15
Euro III 1999-2005 2.1 5.0 0.66 0.1
Euro IV 2005-2008 1.5 3.5 0.46 0.02
Euro V 2008-2012 1.5 2.0 0.46 0.02

ketentuan yang lebih ketat. Indonesia masih memberlakukan ketentuan standar Euro2 berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang efektif berlaku sejak 2007. selama ini kita dipaksa memakai Catalytic Converter untuk menekan emisi, tapi Kualitas Bahan Bakar tidak memadai, bagaimana mungkin mobil sudah memenuhi  Euro4, sementara kualitas bahan bakar minyak di Indonesia masih memenuhi spesifikasi Euro2. disamping itu pendukung utamanya selain bahan bakar juga ada  fasilitas uji emisi yang memadai.

 
Efek Emisi Kendaraan yang Berlebihan

NOx

Mono-nitrogen oksida NO dan NO2 bereaksi dengan senyawa amonia, uap air, dan lainnya untuk membentuk asam nitrat uap dan partikel terkait. Partikel kecil dapatmenembus dalam ke jaringan paru-paru sensitif dan merusak, menyebabkankematian dini dalam kasus-kasus ekstrim. Menghirup partikel tersebut dapat menyebabkan atau memperburuk penyakit pernapasan seperti emfisema, bronkitisjuga dapat memperburuk penyakit jantung yang ada .  Dalam 2005 US EPA mempelajari emisi NOx terbesar datang dari pada kendaraan jalan motor,dengan penyumbang terbesar kedua menjadi jalan non peralatan yang sebagian besar bensin dan stasiun diesel.

File:SmogNY.jpg

Volatile Organic Compounds

 Ketika oksida nitrogen (NOx) dan senyawa organik volatil (VOC) bereaksi dengan adanya sinar matahari, tanah tingkat ozon terbentuk, unsur utama dalam asap. US EPA pada 2005 memberikan Sebuah laporan tentang kendaraan jalan sebagai sumber terbesar kedua VOC di Amerika Serikat pada 26% dan 19% berasal dari perangkat non jalan yang sebagian besar bensin dan stasiun solar. 27% dari emisi VOC adalah dari pelarut yang digunakan dalam pabrik cat dan thinner cat dan penggunaan lainnya.
File:2005 sources of vocs.png

Ozone

Ozon  bermanfaat dalam atmosfer atas, tetapi tingkat ozon di tanah dapat mengiritasi sistem pernapasan, menyebabkan batuk, tersedak, dan kapasitas paru-paru berkurang di Amerika Serikat., Ozon bertanggung jawab untuk sekitar $500 juta di dalam produksi tanaman yang berkurang setiap tahunnya.

Carbon monoxide (CO)

Keracunan karbon monoksida adalah jenis yang paling umum dari keracunan udarafatal di banyak negara. Karbon monoksida tidak berwarna, tidak berbau danberasa, tapi sangat beracun. Ini menggabungkan dengan hemoglobin untuk menghasilkan carboxyhemoglobin, yang tidak efektif untuk memberikan oksigen ke jaringan tubuh. Di AS 60% dari karbon monoksida disebabkan oleh kendaraan berjalan.

File:MOPITT www.acd.ucar.edu.Web-201003-mixing ratio at surface.png

Hazardous air pollutants (toxics)

Racun Kronis (jangka panjang) paparan benzena (C6H6) dapat menimbulkan kerusakan  sumsum tulang. Hal ini juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menekan sistem kekebalan, meningkatkan kesempatan infeksi. Benzene menyebabkan leukemia dan berhubungan dengan kanker darah lainnya dan pra-kanker dari darah.

Particulate Matter (PM10 and PM2.5)

Dampak kesehatan dari partikel udara padat yang dihirup telah dipelajari secara luas pada manusia dan hewan menimbulkan  asma, kanker paru-paru, masalah jantung, dan kematian dini. Karena ukuran partikel, mereka dapat menembus bagian terdalam dari paru-paru. [21] Sebuah penelitian 2011 Inggris memperkirakan 90 kematian pertahun akibat PM penumpang kendaraan. Dalam sebuah publikasi tahun 2006,US Federal Highway Administration (FHWA) menyatakan bahwa pada tahun 2002sekitar 1 per-sen dari semua PM10 dan 2 per sen dari semua emisi PM2.5 berasal dari knalpot di jalan kendaraan bermotor (kebanyakan dari mesin diesel).

Carbon dioxide (CO2)

Karbon dioksida adalah gas rumah kaca. Kendaraan bermotor menegluarkan emisi CO2 adalah bagian dari kontribusi antropogenik terhadap pertumbuhan konsentrasi CO2 di atmosfer yang diyakini oleh mayoritas ilmuwan untuk memainkan bagian pentingdalam perubahan iklim. Kendaraan bermotor dihitung untuk menghasilkan sekitar 20 per sen  Uni Eropa emisi CO2, dengan mobil penumpang memberikan kontribusi sekitar 12 per-sen. Di Eropa rata-rata mobil baru Uniemisi CO2 turun 5,4 per-sen di tahun dengan kuartal pertama 2010, turun ke145,6 g / km.

Jadi mari kita menuju dunia zero emission dengan mengikuti perkembangan teknologi..go wes lah..transport massal zero emission juga penting..apapun itu harus sadar tentang dampak lingkungan dimulai dari manapun…


Jika Anda suka menyelam dan berpetualang di bawah laut, sempatkan datang ke Pulau Menjangan. Ini adalah pulau yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dengan sekitar 6000 Hektar. Wisata perairan di sekitar pulau ini yang menjadi tujuan para pelancong, karena panorama bawah lautnya yang sangat indah. Tahukah Anda, keindahan panorama bawah laut Pulau Menjangan merupakan salah satu yang terindah di dunia.

Nih Petanya

Karang-karangnya tersusun menyerupai terasering dan menempel di dinding hingga kedalaman 50 meter. Ada karang biru, karang meja dan berbagai jenis karang lain yang dilindungi pemerintah. Konon, keindahan panorama bawah laut di kawasan ini tak kalah dibanding panorama bawah laut di Karibia.

Pulau menjangan merupakan pulau kecil tanpa penghuni,dengan luas kurang lebih 175 hektar terdiri dari karang, batu batuan vulkanik serta tanah vulkanik hitam. Sesuai dengan namanya pulau ini dahulu terkenal dengan hewan menjangan (Cervus Timorensis). Pulau ini menawarkan potensi keindahan laut sekitarnya yang sangat cocok untuk kegiatan rekreasi serta olah raga air seperti : Snorkeling dan Scuba Diving. Keindahan alam bawah lautnya sangat menarik karena kita dapat menemukan terumbu karang serta flora dan fauna laut yang berwarna warni. Dengan kondisi air laut yang tenang dan panorama teluknya sangat mempesona. Kehidupan bawah laut yang sangat mempesona dengan berbagai jenis ikan laut hias yang hanya ditemukan dibeberapa daerah saja di dunia. Hampir sekitar 59% dari nilai eksport ikan hias Indonesia berasal dari Pulau Menjangan.sangat cocok untuk melepas pengat dari keramaian kota.

Tak heran, sudah sejak lama kawasan ini menjadi ajang aktivitas menyelam para wisatawan asing. Biasanya, para wisatawan itu menyeberang ke Pulau Menjangan pada pagi hari dan kembali ke Pulau Bali pada sore hari. Menggunakan perahu motor, menyeberang ke Pulau Menjangan dari Pulau Bali atau sebaliknya, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Setidaknya terdapat 5.000 wisatawan yang berkunjung ke Pulau Menjangan setiap bulannya. Sebagian besar dari mereka adalah wisatawan asing asal Eropa seperti Belanda dan Prancis. Sebagian lainnya adalah turis asal Asia seperti Korea dan Jepang. Wisatawan domestik? Hanya sesekali saja terdapat rombongan wisatawan lokal yang berkunjung ke sana. Mereka biasanya tidak menyelam, melainkan hanya menikmati keindahan bawah laut dari atas perahu.

Mereka yang ingin menyelam di perairan Pulau Menjangan namun khawatir tersesat di bawah laut karena tidak mengenal medan, bisa menyewa pemandu menyelam yang sudah berpengalaman.

Di Pulau Menjangan setidaknya ada delapan site penyelaman antara lain pos pertama yang telah kita kunjungi, Cave Point, Pos 2, Bat Caves, Tenple Slopes, Coral Garden, Anker Wreck, dan Eeel Garden yang berurutan dari barat daya pulau tersebut mengelilingi pulau. Dengan persediaan oksigen terbatas, menyelam sehari tidak akan cukup menjelajah semua tempat tersebut.

Kembali ke lokasi penyelaman, tempat lain yang sering dikunjungi turis adalah Wreck Point dimana terdapat bangkai kapal bekas perang dunia kedua di lokasi ini. Kapal tersebut berada di sebelah utara pulau sehingga lebih dalam, sekitar 40 meter, dan arusnya lebih besar. Penyelam yang menikmati tempat ini biasanya yang kemampuan menyelamnya sudah tinggi. Pemandangan eksotis di tempat ini adalah berbagai terumbu karang yang menempel pada dinding bangkai kapal.

Selain Wreck Point, lokasi lain yang bisa dkunjungi adalah Garden Eel yang terkenal karena belut lautnya. Hal yang paling asik di point ini adalah gorgonian alias kipas laut. Selain itu point ini juga cocok untuk diver pemula karena arusnya yang tidak terlalu besar dan permukaan yang tidak curam. Berbeda misalnya dengan pos satu di selatan Pulau Menjangan yang sedikit datar lalu ada dropp off alias dinding curamnya. Point ini berada di bagian barat laut Pulau Menjangan. Kalau mau langsung dari pos pertama akan mudah karena hanya perlu waktu sekitar 10 menit dengan perahu.

Berikut spot diving di pulau Menjangan

Jika enggan menyelam, wisatawan bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan penarama bawah laut. Puas menyaksikan keindahan alam bawah laut, wisatawan bisa menghabiskan waktu sembari duduk-duduk, berenang, atau mandi di tepi pantai pulau yang tak berpenghuni ini.

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang dihuni banyak menjangan. Saat bersantai di pulau ini, jangan kaget bila tiba-tiba muncul hewan bertanduk dari balik semak. Itu dia menjangan. Dulu, populasi menjangan di pulau ini cukup banyak. Namun akibat perburuan yang dilakukan sejumlah orang yang tidak bertanggungjawab, populasi menjangan di pulau ini, menyusut.. Pemerintah agaknya menyadari hal itu. Konservasi yang dilakukan pemerintah terhadap Pulau Menjangan dengan memasukkannya ke dalam zona TNBB, merupakan langkah untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan.

Tak hanya terumbu karang dan menjangan. Taman Nasional Bali Barat juga dikenal sebagai habitat burung jalak bali atau jalak putih. Dulu, ratusan burung berbulu putih dan bermata biru itu menghuni kawasan hutan di TNBB. Namun, lagi-lagi karena ulah tangan-tangan jahil, burung yang harganya bisa mencapai Rp 50 juta per ekor tersebut diburu dan kini musnah. Beruntung, masih ada tempat penangkaran jalak bali yakni di Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Menyambangi wilayah paling barat Pulau Bali, jangan pula melewatkan objek wisata air panas di Desa Sumber Kima. Wisatawan lokal dari berbagai daerah di Bali sering melancong ke sana, khusus untuk mandi air panas yang keluar dari mata air alami. Konon, air panas ini bisa mengobati sejumlah penyakit. ”Saya secara rutin, terutama setiap liburan sekolah, datang untuk mandi di sini bersama anak-anak dan anggota keluarga,” kata Wayan Tirta, warga asal Kabupaten Buleleng.

Menyambangi wilayah paling barat Pulau Bali, jangan pula melewatkan objek wisata air panas di Desa Sumber Kima. Wisatawan lokal dari berbagai daerah di Bali sering melancong ke sana, khusus untuk mandi air panas yang keluar dari mata air alami. Konon, air panas ini bisa mengobati sejumlah penyakit. ”Saya secara rutin, terutama setiap liburan sekolah, datang untuk mandi di sini bersama anak-anak dan anggota keluarga,” kata Wayan Tirta, warga asal Kabupaten Buleleng.

Puas berendam di air panas, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah timur sekitar 10 km untuk mencapai Pura Pulaki. Di sini, ratusa kera siap menyambut kedatangan Anda. Kera-kera itu jinak dan sangat akrab dengan wisatawan yang datang. Hanya saja, jangan terlena oleh sikap jinak mereka. Sebab, di balik gayanya yang ramah dan jinak, mereka ternyata suka usil seperti membuka pengunci tas atau menjambret perhiasan.

Mengingat wilayahnya yang luas, perlu waktu setidaknya satu hari untuk menikmati tempat-tempat menarik di Bali bagian barat ini. Tak perlu risau, jika Anda harus menginap. Banyak hotel dan hotel melati yang bisa dipilih sebagai tempat bermalam. Tarifnya relatif murah, bisa ditawar pula. Jika Anda berniat melanjutkan perjalanan ke Bali Timur seperti Denpasar atau Ubud, sebaiknya menginap di Negara, ibukota Kabupaten Jembrana. Di kota ini, tersedia pilihan penginapan yang lebih bervariasi. Anda juga bisa dengan mudah mencari pengisi perut, baik untuk makan malam maupun sarapan.

Transportasi

Untuk sampai ke tempat menyelam di Pulau Menjangan, wisatawan bisa langsung ke Labuhan Lalang yang menjadi tempat penyeberangan. Lokasinya sekitar 10 kilometer sebelah utara Pelabuhan Gilimanuk. Masuk ke lokasi penyeberangan ini, wisatawan dikenakan retribusi Rp 2.500 per orang dan dapat menyewa perahu seharga Rp 250 ribu selama lima jam.

Perahu ini bisa mengangkut maksimal 12 orang penumpang. Yang khas dari perahu ini adalah, bagian geladaknya dibuat dari kaca sehingga wisatawan bisa menikmati panorama bawah laut dari atas perahu. Desain ini disiapkan untuk wisatawan yang enggan menyelam, namun ingin menikmati panorama bawah laut.

Penginapan

Jika anda ingin memuaskan diri menyelam disini, sebaiknya anda menginap di sekitar pulau menjangan ini. Anda bisa menginap di Gilimanuk, di Pantai Pemuteran atau di Pantai Lovina. Sudah banyak penginapan dan hotel disini dari harga murah sampai kelas hotel Bintang.

Oh iya kemana-mana kebersihan alam seharusnya tetap dijaga tempat seindah apapun akan jadi kotor kalau kelestariannya tidak dijaga. Bagi para Touringer tetap menjunjung tinggi Greentour kemanapun kita berada. Salam Wildlife from Sueto.

Videonya :

Polusi di Pulau Menjangan

Diving Spot

Pulau Menjangan dari laut

Bisa mampir ke link ini untuk paket perjalananya 🙂 https://suetoclub.wordpress.com/2014/01/03/t-boss-tour-and-travel-partner-promotion-packet-2014/


Samsung Flexible AMLOED Galaxy Skin Android Smartphone

Sebelumnya konsep flexible display organic seperti ini memang telah diperkenalkan oleh Sony tahun 2009 di CES(Consumer Electronic Show). Tetapi memang belum ada rencana dari Sony untuk membuat konsepnya menjadi produk  flexible display screen yang digunakan massal.

Pada waktu yang hampir bersamaan di SID 2009 di San Antonio, Samsung Mobile Display (SMD) memamerkan prototipe layar 6,5 inch AMOLEDLayar baru yang lebih fleksibel dari pada pendahulunya dan memiliki waktu respon 1000 kali lebih cepat daripada LCDstandar.

Selama 2009-2011  Samsung telah bekerja untuk sebuah konsep smartphone masa depan dengan memberikan tampilan fleksibel untuk ponsel yang akan secara signifikan lebih tipis dari layar LCD saat ini dan memungkinkan untuk berbentuk All New secara desain. Sebuah klip video menunjukkan apa yang terjadi ketika Andapunya layar fleksibel 2.8-inch layar yang sekitar 20 mikrometer tebal. Dan bila terjadi gesekan atau benturan hasilnya menakjubkan tidak ada goresan pada layar (organik light-emitting diode) OLED.Sebagai perbandingan, sebuah layar LCD bisa pecah bila terkena benturan.

Menurut Samsung, prototipe ini adalah yang paling fleksibel mereka lakukan sejauh ini dan menurunkan biaya produksi secara signifikan – membantu mereka dekat produksi massal. Teknologi ini masih muda, tapi menjanjikan waktu dengan respon lebih cepat dan konsumsi daya yang rendah dibandingkan dengan teknologi LCD tradisional.

Samsung telah membuat langkah yang cepat dalam mengnalkan layar bisa ditekuk ke konsumen setelah membeli Liquivista, sebuah perusahaan yang mengkhususkan dalam display elektronik fleksibel, saat bulan Januari 2011.

Samsung To Launch Smartphones With Flexible Displays In 2012

samsung samsung flexible smartphone screen

Tahun 2011 saat pameran di CES  banyak perusahaan bersaing dalam membuat konsep flexible display tapi konsekwensinya banyak perusahaan tak siap dengan bagaimana produknya terwujud secara massal dan bisa dinikmati konsumen.  Bahkan Steve Jobs menghentikan menampilkan phone yang dapat dilipat pada konferensi D8, dengan berkomentar teknologi flexible display ini masih harus banyak, dikembangkan bertahun-tahun ke depan”. Tapi Samsung telah bermain-main dengan menampilkan fleksibel displaynya untuk beberapa waktu dan sekarang mereka akan memainstream teknologi dengan produk konsumen bebentuk smartmobile olahraga yang tampilannya dapat dilipat dan ditekuk.

Pada 2011 menurut PCWorld, konglomerat Korea Selatan “bertujuan untuk memulai ponsel dengan menampilkan fleksibel tahun depan”. Para konfirmasi resmi datang selama panggilan konferensi kuartal ketiga dengan analis, dengan juru bicara Robert Yi mengatakan:

“Tampilan fleksibel yang kita cari untuk memperkenalkan sekitar tahun 2012, mudah-mudahan bagian awal kuartal kedua,”Kata  Samsung’s vice president of investor relations , Robert Yi.”Aplikasi ini mungkin akan mulai dari handset side.”

Samsung  menampilkan sebuah konsep fleksibilitas yang  rollable dan dapat ditekuk untuk mengadopsi berbagai penampilan seperti  benda melengkung. Mereka bahkan dapat bertahan dari pukulan palu!Bagaimana jika anda berfikir apakah smartphone bisa juga dilipat seperti jam tangan juga?sepertinya, iya!

Videonya anti  Hammer test

International Business Times baru-baru ini mengklaim Samsung bekerja pada sebuah smartphone Galaxy dengan layar AMOLED fleksibel, produknya dijuluki  Galaxy Skin. Layar AMOLED yang menggunakan plastik substrat Polimida bukan kaca, yang dengan sendirinya memungkinkan untuk fleksibilitas yang tinggi. Microsoft, juga, adalah yang bertaruh  pada layar fleksibel ini dalam visi masa depan pasca-PC. Samsung Mobile Display memamerkan di CES 2011 sebuah prototipe dari Tampilan 4.5-inch AMOLED fleksibel dengan polimer aktivitas elektro, bisa dilihat video di bawah.

samsung-galaxy-skin-flexible-amoled-smartphone-front-angle-view

samsung-galaxy-skin-flexible-amoled-smartphone

samsung-galaxy-skin-flexible-amoled-smartphone-super-slim-and-flexible

Akhirnya apa yang orang pikir layar flexible hanya sebuah mimpi sekarang pun ternyata sudah bisa dinikmati melalui hasil prototype Samsung yang akan dikenalkan secara massal di 2012.

Samsung memang tidak main-main di bidang teknologi, mereka tidak mau hanya menjadi pengekor kesuksesan korporasi besar semacam Apple Inc.. Setelah sukses dengan smartphone berbasis Android, Samsung ingin melangkah ke tahap selanjutnya dari sebuah kemajuan teknologi. Dengan teknologi  Flexible Amoled ini, kita bisa berinteraksi dengan dunia digital dan tetap terintegrasi dengan kehidupan nyata.

Samsung Galaxy Skin ini mempunyai beberapa fitur dasar yaitu  menawarkan resolusi tinggi 800 × 480 layar AMOLED fleksibel, 1GB RAM serta prosesor 1.2GHz, kamera 8MP  belakang dan kamera depan VGA, dan baterai 1500 mAh.  dimensi dari ponsel ini 221x67x8 mm dimensi  yang  hampirsama dengan  Samsung Galaxy S II, tapi hampir dua kali lebih panjang dengan layar lipat AMOLED yang Fleksibel.

Menggunakan plastik substrat Polimida bukan kaca, Samsung telah diproduksi menampilkan yang “rollable [dan] ditekuk” dan yang bahkan bisa “survive pukulandari palu”. Ponsel ini dikembangkan oleh Prof Hae seong Jee dan Jye Yeon You

bendable phone 1

Bahan utama dari teknologi baru ini adalah ‘graphene’, disebut-sebut sebagai”bahan keajaiban”. Penelitian oleh ilmuwan dari Columbia University telahmenetapkan bahwa ‘graphene’ adalah bahan terkuat di dunia, “sekitar 200 kali lebih kuat dari baja struktural”.

samsung-galaxy-skin-flexible-amoled-smartphone-smart-projector

Samsung belum diungkapkan sistem operasi perangkat, tetapi sudah ada rumor tentang Jelly Bean –  Google Android berikutnya yang akan rilis setelah Ice Cream Sandwich -atau rilis baru yang disebut Android Flexy.

samsung-galaxy-skin-flexible-amoled-smartphone-navigation

Teknologi inti baru ini juga memungkinkan ponsel untuk digunakan sebagai mouse, jam atau arloji.

Terimakasih moga berguna ditunggu saja 2012 sesuatu yang baru..kayaknya taun 2012 sakral banget banyak hal yang baru bakal tak disangka-sangka ha2..

Simak Videonya

Sumber :

http://thecoolgadgets.com/galaxy-skin-samsung-flexible-amoled-smartphone-coming-second-quarter-2012/

http://www.digitaltrends.com/mobile/samsung-to-debut-flexible-smartphone-screens-in-2012/


Kalau tiba-tiba anda ingin  berpetualang dan hiking, sekarang anda harus merencanakan apa yang harus diambil. Anda harus punya paket peralatan penting yang akan dibawa  karena anda harus membawa semua saat packing. Berikut adalah panduan cepat untuk packing untuk perjalanan hiking Anda.

1. Paket pakaian ringan, mudah berlapis bahwa Anda dapat menggunakannya  sebagai penghangat. Ini juga termasuk rompi tanpa lengan memakai lebih dari kemeja lengan panjang dan kulit terluarnya akan menolak air.

2. Jaga ekstremitas dengan kehangatan. Lebih bagus lagi jika anda membawa sarung tangan hangat bahkan jika Anda tidak yakin Anda akan membutuhkannya. Sertakan topi yang akan melindungi wajah Anda dari matahari dan memberikan kehangatan untuk kepala Anda.

3. Pack kompas dan peta wilayah hiking Anda. Anda akan jarang menggunakannya, tetapi setengah dari hiking sedang mempersiapkan untuk tak terduga, seperti tersesat atau bila sinyal gps tidak ada waktu dihutan.

4. Membawa senter yang baik dan baterai ekstra. Anda tidak pernah tahu kapan pendakian anda akan membawa Anda dalam petualangan malam hari atau waktu hari siang tapi berkabut tebal. lampu senter bisa membantu untuk mendapatkan Anda ke kamp aman. Bawalah ponsel dan pastikan batterai sudah terisi penuh.

5. Sertakan kit pertolongan pertama untuk keadaan darurat. Bawa bantalan blister, obat nyamuk dan salep atau semprot untuk mengobati gigitan serangga.

6. Bawa sepatu ekstra dan kaus kaki. Ini adalah penting. Jika sepatu Anda menjadi rusak sehingga Anda tidak bisa memakainya, rasanya seperti meniup ban di mobil Anda. Anda akan membutuhkan cadangan. Bawa kaus kaki tambahan dalam kasus Anda basah.

7. Ingat barang pribadi ringan seperti kacamata, lip balm dan tabir surya.

Petunjuk:

Bawa tablet pemurni air atau air filter untuk perjalanan semalam lagi di mana Anda membutuhkan air bersih lebih dari apa yang anda dapat bawa.

Tempat Wisata Mojokerto


Kabupaten Mojokerto, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa TimurIndonesia kota Mojokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik di utara, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pasuruan di timur, Kabupaten Malang dan Kota Batu di selatan, serta Kabupaten Jombang di barat.

Kabupaten Mojokerto terdiri atas 18 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Kini banyak gedung dan kantor pemerintahan yang dipindahkan ke Kota Mojosari, sebelah timur Kota Mojokerto.

Bagian selatan Kabupaten Mojokerto berupa pegunungan, dengan puncak Gunung Welirang (3.156 m) dan Gunung Anjasmoro(2.277 m).

Kalau berkunjung ke Mojokerto, kabupaten ini mempunyai sejumlah wisata menarik yang bisa dikunjungi seperti :

AIR PANAS/ BANYU PANAS

Wisata Pemandian Air Panas Pacet berlokasi di lereng gunung Welirang, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.Pacet terkenal sebagai kawasan wisata pegunungan di Kabupaten Mojokerto yang terletak ±600 m dari permukaan laut. yang mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sepanjang perjalanan menuju lokasi dipenuhi dengan pemandangan alam yang tak kalah elok. Jajaran bukit, aliran sungai bening yang mengalir dan hutan perawan yang masih asri terbentang luas menyambut kedatangan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan di sekitar lokasi pariwisata.

PEMANDIAN UBALAN
Pemandian Ubalan terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, berjarak sekitar 1 kilometer dari pusat kota Pacet. Daya tarik wisata Sumber Ubalan berupa hutan lindung alami dengan berbagai jenis pohon hutan yang luasnya kurang lebih 10 Ha disamping itu airnya berasal dari sumber air di tengah hutan yang berhawa sejuk. Obyek utamanya berupa kolam renang dari sumber alami pegunungan, dilengkapi pula dengan taman bermain, wisata sepeda air, dan panggung hiburan, yang dilengkapi berbagai fasilitas, antara lain : musholla, restoran, penginapan, gazebo dan areal parkir yang cukup luas.

CANDI TIKUS

Kolam pemandian Candi Tikus adalah kolam pemandian ritual (petirtaan). Kolam ini mungkin menjadi temuan arkeologi paling menarik di Trowulan. Nama Candi Tikus diberikan karena pada saat ditemukan tahun 1914, situs ini menjadi sarang tikus. Dipugar menjadi kondisi sekarang ini pada tahun 1985 dan 1989, kompleks pemandian yang terbuat dari bata merah ini berbentuk cekungan wadah berbentuk bujur sangkar. Di sisi utara terdapat sebuah tangga menuju dasar kolam. Struktur utama yang menonjol dari dinding selatan diperkirakan mengambil bentuk gunung legendaris Mahameru. Bangunan yang tidak lagi lengkap ini berbentuk teras-teras persegi yang dimahkotai menara-menara yang ditata dalam susunan yang konsentris yang menjadi titik tertinggi bangunan ini.

CANDI BAJANG RATU

Tidak jauh dari Candi Tikus, di kecamatan Keraton berdiri gapura Bajang Ratu, sebuah gapura paduraksa anggun dari bahan bata merah yang diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-14 M. Bentuk bangunan ini ramping menjulang setinggi 16,5 meter yang bagian atapnya menampilkan ukiran hiasan yang rumit. Bajang Ratu dalam bahasa Jawa berarti Raja (bangsawan) yang kerdil atau cacat. Tradisi masyarakat sekitar mengkaitkan keberadaan gapura ini dengan Raja Jayanegara, raja kedua Majapahit. Berdasarkan legenda ketika kecil Raja Jayanegara terjatuh di gapura ini dan mengakibatkan cacat pada tubuhnya. Nama ini mungkin juga berarti “Raja Cilik” karena Jayanegara naik takhta pada usia yang sangat muda. Sejarahwan mengkaitkan gapura ini dengan Çrenggapura (Çri Ranggapura) atau Kapopongan di Antawulan (Trowulan), sebuah tempat suci yang disebutkan dalam Negarakertagama sebagai pedharmaan (tempat suci) yang dipersembahkan untuk arwah Jayanegara yang wafat pada 1328.

KOLAM SEGARAN

Kolam Segaran adalah kolam besar berbentuk persegi panjang dengan ukuran 800 x 500 meter persegi. Nama Segaran berasal dari bahasa Jawa ‘segara’ yang berarti ‘laut’, mungkin masyarakat setempat mengibaratkan kolam besar ini sebagai miniatur laut. Tembok dan tanggul bata merah mengelilingi kolam yang sekaligus memberi bentuk pada kolam tersebut. Saat ditemukan oleh Maclain Pont pada tahun 1926, struktur tanggul dan tembok bata merah tertimbun tanah dan lumpur. Pemugaran dilakukan beberapa tahun kemudian dan kini kolam Segaran difungsikan oleh masyarakat setempat sebagai tempat rekreasi dan kolam pemancingan. Fungsi asli kolam ini belum diketahui, akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa kolam ini memiliki beberapa fungsi, antar lain sebagai kolam penampungan untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk kota Majapahit yang padat, terutama pada saat musim kemarau. Dugaan populer lainnya adalah kolam ini digunakan sebagai tempat mandi dan kolam latihan renang prajurit Majapahit, disamping itu kolam ini diduga menjadi bagian taman hiburan tempat para bangsawan Majapahit menjamu para duta dan tamu kerajaan.

MAKAM TROLOYO

Di kecamatan Troloyo ditemukan beberapa batu nisan bercorak Islam. kebanyakan batu nisan berangka tahun 1350 dan 1478. Temuan ini membuktikan bahwa komunitas muslim bukan hanya telah hadir di Jawa pada pertengahan abad ke-14, tapi juga sebagai bukti bahwa agama Islam telah diakui dan dianut oleh sebagian kecil penduduk ibu kota Majapahit. Penduduk setempat percaya bahwa di makam Troloyo terdapat makam Raden Wijaya, dan setiap Jumat Legi diadakan ziarah di makam ini.

MUSIUM TROWULAN

Museum Trowulan adalah museum yang istimewa karena 80% koleksi museum ini adalah peninggalan zaman Majapahit. Menarik sekali mengunjungi tempat ini, karena di museum ini terdapat relief dan patung yang menggambarkan kegiatan perdagangan dengan pedagang Cina. Pengunjung museum juga bisa melihat koleksi uang kepeng dan kelereng tanah liat dari zaman Majapahit. Selain itu di sini juga dijumpai banyak arca dan prasasti yang dikumpulkan dari berbagai penjuru tempat bersejarah, karena memang fungsi utama Museum Trowulan adalah menyelamatkan benda-benda purbakala, terutama artefak dan arca. Di museum ini, terdapat sekitar 80 ribu koleksi benda purbakala, mulai periode prasejarah, periode klasik (zaman Hindu dan Budha), periode Islam, hingga periode kolonial. Salah satu arca yang menarik bagi pengunjungnya adalah arca Wisnu yang sedang mengendarai Garuda. Arca yang dibuat pada masa Kerajaan Kediri ini dipercaya sebagai titisan Raja Airlangga. Arca ini juga menyimpan banyak cerita mulai dari Gunung Penanggungan sampai pada sang Garuda, sosok burung berbadan manusia.

Kuliner

Jika Anda sudah sampai di Pacet coba Anda berkunjung ke kolam pancing dan salah satu kuliner yaitu lesehan Kebon Pakis. Tempatnya terletak di jalan yang menuju arah pemandian air panas. Di tempat tersebut, Anda bisa menyalurkan hobi memancing Anda. Tetapi kelihatannya jarang ada yang memancing karena tempat pancingnya juga tidak banyak (tidak luas).

Lokasi dari kolam pancing dan lesehan kebon pakis terdapat di desa padusan, kecamatan pacet, kabupaten mojokerto. Lokasi kebon pakis berada ±50m dari loket masuk pemandian air panas pacet (banyu panas). Kebon pakis berada di bawah bukit krapyak yang tentunya dengan suasana pegunungan yang sejuk, dan di dukung dengan view yang bagus. Akses jalanya pun cukup mudah dijangkau, karna berada di tepi jalan wana wisata air panas.

lesehan Kebon pakis merupakan rumah makan yang berkonsep lesehan yang nyaman dan santai, dipadu dengan suasana pegunungan yang berlokasikan di ketinggian 600m dari permukaan laut dan dikelilingi bukit hijau yang indah yang sangat nyaman. Kebon pakis menyediakan berbagai menu makanan yang tentunya lezat dan terjangkau.

Tempatnya relatif bersih dan nyaman. Menu yang ditawarkan juga lumayan banyak. Dan yang terpenting makanannya enak dan harganyapun relatif murah. Bukan itu saja satu porsinya terbilang banyak, bisa dimakan untuk dua orang. Jadi puas rasanya. Dari segi pelayanan, ya…mungkin disitu kekurangannya. Pada saat kami memesan memang tergolong cepat, tetapi ketika ada serombongan pengunjung memesan cukup lama, mungkin disebabkan oleh banyaknya menu yang dipesan. Mungkin lebih baik ditingkatkan pelayanan agar pengunjung juga senang dan puas.

No tlp Lesehan kebon pakis yang bisa di hubungi: 0321-691696, 081252222668

%d blogger menyukai ini: